Dinkes Berau Sebut 54 Orang Terkena Penyakit Sifilis

benuanta.co.id, BERAU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau mencatat sejak Januari hingga bulan April 2023 lalu penderita terkena penyakit sifilis jumlahnya mengalami peningkatan di bandingkan tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Berau, Totoh Hermanto bahwa sepanjang tahun 2022 sudah tercatat mencapai  54 orang yang terkena penyakit sifilis.

“Jumlah di tahun 2022 ada 54 kasus Penyakit sifilis, jumlah ini lebih sedikit di bandingkan tahun 2023, bawah tahun ini ada mengalami peningkatan,” ungkapnya, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga :  Festival Pangan Lokal B2SA Wujudkan Keanekaragaman Pangan

Menurutnya pencegahan penyakit sifilis hanya bisa dicegah oleh masyarakat itu sendiri.

“Karena penyakit ini menular karena adanya hubungan seks bebas dan suka berganti pasangan seperti di lakukan di tempat-tempat prostitusi terselubung, karena di Berau ini bisa kita akui banyak tempat-tempat begitu yang terselubung,” ucapnya.

Totoh juga menambahkan, bahwa pihaknya sering kali memberikan penyuluhan terhadap masyarakat terkait penyakit menular seperti sifilis dan juga HIV/AIDS kepada masyarakat

Baca Juga :  Bupati Berau Apresiasi Koperasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

“Melalui pertemuan-pertemuan yang bertemu dengan masyarakat banyak. Dan sering memberikan penyuluhan terhadap penyakit menular guna pencegahan lebih dini,” jelasnya.

Menurutnya masyarakat yang terjangkit penyakit sifilis sendiri rata-rata di usia produktif, karena di usia inilah yang sering melakukan hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan dalam berhubungan badan.

“Selama ini yang terkena sifilis di usia produktif seperti usia 20 hingga 40 tahun dan bila mana ada indikasi penyakit tersebut harap seberapa ke puskesmas terdekat atau ke rumah sakit agar bisa segera tertangani dan tidak semakin parah,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Bupati Berau Sambut 161 Jamaah Haji Pulang ke Bumi Batiwakkal

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2591 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *