Dukung UMKM Lokal, Pertamina Meriahkan Gernas BBI 2023

Tanjung Selor – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Fuel Terminal Tarakan turut memeriahkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Di Indonesia (GERNAS BBI BBWI) 2023. Dengan tajuk “Pesona Pandurata: Ayo Bah..!! Kita Belanja dan Jelajah Kaltara”, kegiatan ini sukses diluncurkan pada Sabtu (20/5) di Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

“Ini merupakan program strategis untuk mempromosikan dan mendukung kegiatan berbagai UMKM dan destinasi wisata yang ada di Kaltara, digelar selama 4 hari sejak tanggal 20 hingga 23 Mei ini,” ungkap Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang.

Baca Juga :  Bongkar Muat di Pelabuhan Malundung Meningkat Signifikan Sejak 2019

Gernas BBI yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2023 berfokus untuk mendorong optimalisasi belanja Pemerintah untuk produk dalam negeri. Semenjak 2023-2024, Gernas BBI diperluas cakupannya dengan penambahan Bangga Bewisata di Indonesia (BBWI).

Gernas BBWI ini mengangkat tagline #diindonesiaaja, bertujuan agar masyarakat Indonesia berwisata di Indonesia, sehingga perputaran roda ekonomi terus berjalan. Gerakan yang diluncurkan pada 13 Desember 2022 itu merupakan program kolaboratif antara Pemerintah, BUMN, asosiasi, dan swasta.

Pertamina mengikutsertakan mitra binaan unggulannya yakni Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai, dimana UMKM tersebut merupakan salah satu produk dari mitra binaan unggulan Pertamina yang berasal dari petani kayu putih dan kerjasama UPTD KPH Tarakan.

Baca Juga :  Airlangga Kaji Opsi Perpanjangan Restrukturisasi Kredit Hanya KUR

Disampaikan oleh Arya Yusa Dwicandra selaku Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, “ Dengan adanya pameran ini UMKM lokal dapat naik tingkat ke taraf nasional dan produk hasil buatan UMKM bisa dikenal lebih luas sehingga bisa meningkatkan pendapatan pelaku usaha,”.

Hadirnya Gernas BBI dan BBWI diyakini membuat pelaku usaha baik UMKM, IKM, dan artisan daerah yang jumlahnya tidak kurang dari 20.447 UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Kaltara, dapat masuk ke ekosistem digital serta mendapat pelatihan dan akses pendanaan untuk ikut serta dalam pameran dan virtual expo.(*)

Baca Juga :  Hingga Juli 2024 BPJS Ketenagakerjaan Tarakan dan Jajaran Bayarkan Klaim Rp 113,7 Miliar

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *