Pertumbuhan dan Perkembangan UMKM Diharapkan Bisa Naik Signifikan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pertumbuhan dan perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pasca Covid-19 beberapa tahun yang lalu, diharapakan ada peningkatan yang signifikan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara Albertus Stefanus Marianus, pada peluncuran penguatan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sejatinya harus didukung oleh banyak pihak terutama masyarakat dan pemerintah setempat.

Baca Juga :  Refleksi Hari Kartini Momentum Tingkatkan Kesetaraan Gender  

“Contohnya UMKM saat ini sudah banyak yang menggunakan sistem pembayaran QRIS yang mana itu juga harus didukung oleh perbankan,” ucapnya, Minggu (21/5)

Saat ditanyai apakah sudah banyak regulasi pemerintah untuk mendukung produk lokal, diakui Albertus regulasi tersebut belum banyak. Untuk itu perlu dikaji, apalagi hal tersebut juga berkaitan dengan masalah teknologi

Baca Juga :  DPRD Kaltara Minta Perkuat Perlindungan Tenaga Kerja

“Nah dari ruang teknologi ini nanti yang kita coba gali lebih dalam. Sehingga nanti kita bekerja sama dengan stakeholder, contohnya pada Telkom yang nanti ada ruang kebijakan yang harus dikuatkan dengan peraturan daerah,” ucapnya.

Albertus juga menilai BBI efektif untuk mendorong pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya di platform digital. Secara umum kesusksesan BBI bisa dilihat dari data belanja online. (*)

Baca Juga :  DPRD Kaltara Minta Perkuat Perlindungan Tenaga Kerja

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *