Peluncuran BBI dan BBWI: Disprindagkop Kaltara Target Transaksi Tembus Rp 50 Miliar

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023 bertajuk “Pesona Pandurata: Ayo Bah..!! Kita Belanja dan Jelajah Kaltara” sukses diluncurkan di Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara), Sabtu (20/5).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kaltara Hasriyani menyebutkan Peluncuran atau kick off ini dilakukan di Taman Tepian Sungai Kayan dan akan berlanjut hingga tiga bulan ke depan.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Tambah Rombel Sejumlah Sekolah di Tarakan

Masa tiga bulan berikutnya disebut sebagai panen atau harvesting dari kegiatan kick off yang dilakukan hari ini. Sejumlah target pun ditetapkan di masa harvesting nanti.

“Kami targetkan nominal transaksi itu mencapai Rp 50 miliar dalam tiga bulan pelaksanaan gerakan ini. Jadi target itu dari penjualan transaksi UMKM dan juga wisata yang ada di Kaltara,” kata Hasriyani pada benunata.co.id.

Baca Juga :  Meriahkan HANI 2023, Disperindagkop Kaltara Libatkan 65 UKM Se-Kaltara

Hasriyani meyakini target tersebut dapat dicapai dalam waktu tiga bulan mendatang. Yakni dengan syarat dukungan dari semua pihak baik instansi pemerintah maupun masyarakat yang ada di Kalimantan Utara.
Apalagi saat ini Jumlah UMKM yang ada di Kaltara mencapai ribuan, sehingga seluruh kabupaten/kita ikut berkontribusi terhadap produk UMKM yang ada di Kaltara.

Oleh karena itu untuk mencatat penjualan ada beberapa pelaku UMKM yang sudah menggunakan QRIS secara otomatis sudah bisa terlihat, namun jika pelaku UMKM masih menggunakan pembayaran manual pihak BI akan membantu untuk membuat QRIS dan untuk sementara waktu melalui pencatatan manual dari hasil penjualan para UMKM.

Baca Juga :  Tim Audit Koperasi dan UKM Cek Program Kegiatan Disperindagkop Kaltara

“Kami optimis kalau untuk target itu, karena itu kami harap seluruh kabupaten kota dan juga masyarakat bisa ikut berperan serta dalam gerakan ini,” ungkapnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *