PPDB di Bulungan bagi Tingkat SMP Bisa Dilakukan Secara Online

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP dilakukan dua cara yakni online dan offline di beberapa sekolah yang ada di Bulungan salah satunya sekolah yang menerapkan online adalah SMP 1 Tanjung Selor.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bulungan Suparmin Seto, untuk penerimaan siswa baru tingkat SMP dimulai 3 Juli mendatang.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2119 votes

Adapun sistem online PPDB ini baru di lakukan di 10 sekolah yang di tiga kecamatan yakni, Kecamatan Tanjung Selor, Tanjung Palas dan Tanjung Palas Utara.

Baca Juga :  Reforma Agraria Upaya Tuntaskan Tumpang Tindih Lahan di Bulungan

“PPDB online ini adalah tahun kedua, dari kedua ini Alhamdulillah tidak ada kendala, yang kita lakukan hanya perbaikan jaringan saja, pemerintah siswa baru ini tentunya juga disesuaikan dengan ruang belajar (Rombel) di setiap sekolah,” ucapnya, Jumat (19/5).

Adapun untuk ketujuh kecamatan yang belum bisa menerapkan PPDB secara online bisa dilakukan secara offline. Hal tersebut dikarenakan terkendala jaringan, namun pihaknya menguapkan agar di tahun 2024 sekolah yang ada di kecamatan lain bisa menerapkan hal tersebut.

Baca Juga :  Aksi Sosial Bantu Warga Terdampak Kebakaran

“Tahun depan (2024) untuk SD nantinya kita akan berlakukan pendaftaran online,” ucapnya kepada benuanta.co.id.

Adapun jalur PPDB ini bisa dilakukan empat cara yakni, jalur zonasi Jalur zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemda, jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan anak penyandang disabilitas, jalur perpindahan orang tua atau wali dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan dan jalur prestasi menggunakan nilai rapor 5 (lima) semester terakhir yang dilengkapi dengan Surat Keterangan Peringkat Rapor peserta Didik dari sekolah asal.

Baca Juga :  Sinergi Reforma Agraria di Bulungan Fokus Penataan Aset

Diharapkan para orang tua murid yang baru akan mendaftarkan anaknya sekolah dapat memperhatikan zonasi yang sudah ditetapkan. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *