SMPN 1 Nunukan Siap Hadapai Sistem Pembelajaran Digitalisasi

benuanta.co.id, Nunukan – Penggunaan internet digital saat ini sangat akrab dengan berbagai kalangan, termasuk para pelajar yang mana saat ini pembelajaran telah mengarah pada system digitalisasi.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Nunukan, Rustiningsih mengatakan penggunaan internet pada anak harus dilakukan dengan bijak. Sebab, dalam mengakses berbagai konten harus searah dengan penggunaan yang baik untuk dunia pendidikan anak itu sendiri.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1565 votes

“Anak-anak harus bisa memilih dan memilah konten maupun fitur yang baik untuk digunakan di internet,” kata Rustiningsih kepada benuanta.co.id, Jumat (19/5/2023).

Dengan kemajuan teknologi saat ini, SMPN 1 Nunukan juga tidak mau ketinggalan. SMPN 1 Nunukan telah membuat tim pembuatan podcast, dan ekstrakulikuler yang menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Terlebh saat ini, Merdeka Belajar memberikan kebebasan dalam belajar yaitu bisa di mana saja, kapan saja, bahkan dari sumber mana saja. Ia berharap digitalisasi sekolah tersebut dapat menunjang terjadinya percepatan penyiapan pelajar-pelajar Pancasila sebagai tunas-tunas bangsa.

“Kita semua harus mengubah paradigma kita dalam belajar, paradigma kita dalam berpikir, paradigma kita dalam mengakses sumber belajar. Guru sebagai fasilitator, harus mengadvokasi anak-anak kita maupun masyarakat untuk mengakses sumber belajar dalam bentuk digital,” jelasnya.

Secara konsep, digitalisasi sekolah merupakan implementasi dari new learning yang disiapkan untuk menghadapi revolusi industri. Karakteristik new learning tersebut adalah student center, multimedia, collaborative work, information exchange dan critical thinking in an information making. (*)

Reporter:  Darmawan

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *