Setelah Puluhan Tahun, Malaysia Akhirnya Resmi Buka Pelayaran di Hari Minggu

benuanta.co.id, Nunukan – Pemerintah Sabah – Malaysia resmi membuka pelayanan keluar masuk dari Nunukan – Tawau di hari Minggu.

Kepala Imigrasi Kelas II Nunukan, Ryan Aditya mengatakan setalah puluhan tahun lamanya, Malaysia akhirnya membuka pelayanan keluar masuk Nunukan – Tawau di hari Minggu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1579 votes

“Minggu kemarin itu perdana di buka, sebelum ada kebijakan ini berlangsung. Pelaku perjalanan itu hanya sampai sabtu saja, jadi harus menunggu hingga hari senin kalau mau kembali ke Nunukan atau sebaliknya,” kata Ryan kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Besok Pasar Murah Dibuka di Pasar Agathis, Pembeli Khusus Pemilik Kupon

Disampaikannya, selama ini tidak dilayaninya keluar masuk ke Tawau, Sabah- Malaysia murni merupakan kebijakan dari Pemerintah Sabah. Sementara, kantor Imigrasi Nunukan sendiri bersama stakeholder lainnya di Pelabuhan Internasional Nunukan senantiasa siap memberikan pelayanan meski pada hari minggu sekalipun.

“Sebelum ini pada dasarnya siap saja melakukan pelayanan baik keimigrasian maupun pelayanan lainnya. Hanya saja memang yang memberlakukan libur pada minggu itu dari pihak Sabah, sehingga saat mereka mengirimkan surat terkait kebijakan dibukanya pintu masuk kita sangat siap, dan tentunya masyarakat juga akan senang dengan adanya kebijakan ini,” uangkapnya.

Baca Juga :  Bupati Laura Salurkan Bantuan Sembako ke Masyarakat Kurang Mampu

Ryan mengatakan, dengan adanya kebijakan itu, akan mendorong jumlah wisatawan baik yang akan menuju ke Tawau maupun yang berkunjung ke Nunukan. Karena, setiap akhir pekan kerap dimanfaatkan oleh warga Nunukan untuk berjalan-jalan ke Malaysia.

Sementara itu, SPV TPI Imigrasi Nunukan, Karel Djony mengatakan pada pelayanan hari Minggu (14/5) lalu jumlah penumpang dari Nunukan ke Tawau, Malaysia sebanyak 50 orang. Semantara penumpang dari Tawau Malaysia ke Nunukan sebanyak 25 orang.

Baca Juga :  Usulan Musrenbang se-Kecamatan Nunukan Telah Terinput di SIPD

“Untuk penumpang yang keluar dan masuk didominasi WNI, karena ini masih perdana dan masyarakat masih banyak yang belum tauh jadi jumlah penumpang belum terlalu banyak,” kata Karel. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *