Wacana Penyebrangan Tarakan-Tawau, Imigrasi Sarankan Pemisahan Jalur Penumpang Domestik dengan Internasional

benuanta.co.id, TARAKAN – Persiapan wacana pembukaan kembali rute penyebrangan Tarakan – Tawau santer terdengar.

Imigrasi Tarakan turut memberikan saran kepada PT. Pelindo Regional Tarakan untuk memisahkan jalur kedatangan dan keberangkatan domestik maupun internasional di Pelabuhan Malundung Tarakan.

“Saat rapat koordinasi, Pelindo meminta pandangan dari setiap instansi. Apa kebutuhan dan idealnya seperti apa terkait pelayanan setiap stakeholder,” kata Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Bona Roy, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga :  Bea Cukai Tarakan Gempur Rokok Ilegal

Usulan pemisahan jalur ini, kata Bona agar mempermudah petugas dalam melakukan pengawasan. Mengingat, rute internasional cukup riskan dari segi pengamanan penumpang.

Ia menegaskan, Imigrasi Tarakan juga telah siap jika wacana ini terealisasikan. Kesiapan pihaknya dimulai dari sarana prasarana juga personel yang akan disiagakan di konter pelayanan untuk rute internasional ini.

Baca Juga :  Berikan PMT, Pemkot Target Stunting di Tarakan Tahun Ini Menurun

Disinggung soal permintaan paspor sendiri, hingga saat ini belum terdapat peningkatan yang signifikan kendati wacana pembukaan rute internasional sudah menyebar luas.

“Sarprasnya juga sudah siap. Saat ini alat elektronik untuk kebutuhan pemeriksaan keimigrasian, semuanya sudah siap,” tandasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *