Disperindagkop Kaltara Jamin Kualitas Produk UKM Mampu Bersaing di Retail Modern

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Usai melakukan kegiatan pelatihan keamanan pangan tingkat I di dua lokasi Kota Tarakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kepala Seksi (Kasi) Bina Lembaga Koperasi dan UKM Restrukturisasi dan Pengawasan Ruth Ujang mengungkapkan rasa optimis bahwa produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Kabupaten Kota di Bumi Benuanta mampu bersaing di retail modern.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Bakal Kerja Sama Penjualan Produk Lokal Bersama KBRI Finlandia

“UMKM kita kemarin waktu ikut pelatihan dan sosialisasi pengurusan sertifikat PIRT untuk keamanan pangannya itu persyaratannya untuk produknya bisa dipasarkan ke swalayan atau retail modern seperti Alfamidi Indomaret,” ungkapnya, Rabu (17/5/2023).

Selain itu, kata dia para pemilik UKM makanan yang ikut pelatihan tersebut sudah punya surat Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Kalau NIB rata-rata pengusaha UKM sudah pada punya. Lalu yang belum punya NIB atau PIRT diwajibkan segera mengurus berkas tersebut,” bebernya.

Baca Juga :  Penyesuaian Mode Busana Jadi Tantangan Pasar Internasional

Dijelaskannya produk UKM yang turut berpartisipasi pada latihan saat itu di Kota Tarakan mayoritas produk makanan.

“Seperti makanan kemasan. Produk kemasan makanan mereka sudah bagus dan kita menargetkan UKM mereka bisa masuk di E-katalog provinsi Kaltara,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan pelaksanaan pelatihan keamanan pangan tingkat II beberapa bulan mendatang bakal berlangsung di salah satu kabupaten yang ada di Kaltara.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Bakal Kerja Sama Penjualan Produk Lokal Bersama KBRI Finlandia

“Kabupaten mana selanjutnya masih kami diskusikan dengan Kabid kami dan Ibu Kadisperindagkop Kaltara kami dengan kegiatan pelatihan yang sama,” pungkasnya.(ADV)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2651 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *