Sempat Maju Mundur, Partai Ummat Nunukan Usung 99 Persen Bacaleg Perempuan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Perdana ikut Pemilihan Umum (Pemilu), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ummat Kabupaten Nunukan, usung 99 persen Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) perempuan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan pada Ahad, 14 Mei 2023 sekira pukul 20.28 Wita.

Ketua DPD Ummat Kabupaten Nunukan, Ustaz Darto Jumadi menyampaikan partai Ummat Nunukan sempat berniat tidak mengajukan Bacaleg, namun di hari terakhir pendaftaran ada 13 Bacaleg yang siap didaftarkan ke KPU.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

“Untuk Bacaleg yang kita usung dari 30 formasi untuk 4 Daerah Pemilihan (Dapil), kita daftarkan 13 Bacaleg,” kata Darto kepada benuanta.co.id, Ahad (14/5/2023).

Baca Juga :  Pusaka Kaltara Dukungan ZAP Dua Periode di Pilkada 2024

Bacaleg yang diajukan tersebut teridiri dari 4 kader untuk Dapil I, Dapil II 3 kader, Dapil III 3 kader dan Dapil IV 3 kader, yang mana 99 persen mengusung kader perempuan dan hanya 1 kader laki-laki yakni untuk Dapil I.

Darto menyampaikan, alasan Ummat mengusung kader perempuan untuk pemberdayaan perempuan dan sudah saatnya perempuan terjun dalam dunia politik.

Baca Juga :  DPC PDIP Berau Akui 5 Parpol Ajak Diskusi Pilkada

Sedangkan untuk lantar belakang kader yang diusung sebagain besar lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan rentan umur sekira 30 – 40 tahun.

Ia mengaku Partai Ummat sempat mengalami kesulitan lantaran sejumlah kader yang mengundurkan diri lantaran biaya administrasi pengurusan surat kesehatan jasmani dan rohani yang dinilainya terlalu mahal mencapai Rp 700 ribu. Sementara untuk 13 Bacaleg yang mendaftar diakui Darto masing-masing Bacaleg menggunakan dana pribadi.

Baca Juga :  PAN Nunukan Siapkan Penjaringan Balon Kepala Daerah

Sebagai Parpol baru yang akan bertarung dalam Pileg mendatang, Darto menyampaikan jika Ummat tidak memiliki target kemenangan, namun jika pihaknya bisa mendapatkan 1 kursi merupakan suatu keberkahan.

“Kita tidak ada target, syukur-syukur bisa dapat 1 kursi,” ungkapnya.(*)

Sementara itu, Partai Ummat merupakan Parpol ke 15 belas dari 18 partai politik peserta pemilu 2024 mendatang. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *