Pendaftaran Bacaleg di KPU, Polres Nunukan Siagakan 3 Ring Pengamanan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kepolisian Resor (Polres) Nunukan siagakan tiga ring pengamanan pada pendaftaran dan pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan umum (KPU).

Wakapolres Nunukan, Kompol William Wilman Sitorus, mengatakan sejak mulai dibuka pendaftaran Bacaleg pada 1 Mei 2023 lalu, Polres Nunukan telah menurunkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan.

“Kita dari Polres Nunukan siap melakukan pengamanan pada seluruh rangkaian Pemilu 2024, mulai dari pendaftaran hingga hari pelaksanaannya nanti,” kata William kepada benuanta.co.id, usai kunjungannya ke KPU Nunukan, Sabtu (13/5/2023).

Dikatakannya, untuk pengamanan pendaftaran Bacaleg yang tengah berlangsung dan berakhir pada esok hari yakni Minggu (14/5/2023), pihaknya menurunkan sekira 80 personel untuk melakukan pengamanan dan melakukan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Nunukan.

“Personel yang kita turunkan ada sekira 80 personel, yang bertugas secara bergantian, jadi kita siagakan 3 ring, ring satu didalam KPU, ring 2 di depan kantor KPU dan ring 3 pada jalan menuju KPU,” ungkapnya.

Hal tersebut untuk melakukan kontrol, pengamanan dan memastikan arus lalu lintas menuju KPU berjalan lancar saat massa dari Parpol yang melakukan konvoi saat menuju dan meninggalkan kantor KPU.

William menghimbau kepada masyarakat, memasuki musim politik, kiranya masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban, dan meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terpecah bela dengan isu-isu, maupun janji-janji politik yang bisa memecah hubungan antara anggota keluarga, tetangga lantaran berbeda pilihan politik.

Sementara itu, Ketua KPU, Rahman mengatakan Pemilu merupakan agenda Nasional, sehingga sangat perlu mendapatkan pengawalan pengamanan dari aparat keamanan.

“Dari Polres Nunukan telah meletakkan personelnya untuk melakukan pengamanan, walaupun sejauh ini proses pendaftaran Bacaleg berjalan lancar dan aman, akan tetapi tidak menutup kemungkinan potensi-potensi yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, apa lagi saat ini menjelang akhir-akhir pendaftaran,” ungkap Rahman.

Rahman mengatakan, saat ini dari 18 Partai Politik peserta Pemilu, baru ada 5 partai yang sudah mendaftarkan diri yakni PKS, PDIP, Demokrat, PAN dan Nasdem. Sehingga masih ada 13 partai lagi yang belum mendaftarkan diri.

“Ini kan masih ada 13 partai, sedangkan pendaftaran terakhir itu besok hari, tentu bisa saja Parpol ini bisa datang bersamaan ataupun berpapasan saat hendak masuk dan keluar ke KPU dan bisa saja hal yang tidak kita ingin terjadi, sehingga dengan adanya pengamanan dari Polres ini sangat kita butuhkan sekali,” tukasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2651 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *