Tahap Pekerjaan, Kunjungan Kerja Gubernur Kaltara Dilaksanakan Bulan Juli

benuanta.co.id, BULUNGAN – Sebelum kunjungan kerja Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang ke Krayan menggunakan jalur darat yang dimulai dari Malinau. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara pun melakukan koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kaltara terkait proses dan progres pekerjaan jalan perbatasan.

Dalam koordinasi itu, Dinas PUPR Perkim Kaltara mendapatkan informasi jika masih ada jalan yang menghubungkan Malinau dengan Krayan yang belum tembus tepatnya di lokasi Gunung Seluhut sekitar 2 kilometer berupa gunung batu.

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

“Mereka (BPJN) minta waktu, semula pak Gubernur rencana kunjungannya bulan Juni, tapi diundur jadi bulan Juli. BPJN minta waktu kurang lebih sebulan, jadi ada 2 kilometer gunung batu,” ucap Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara Ir. Helmi kepada benuanta.co.id, Rabu 10 Mei 2023.

Dia menyebutkan jika gunung batu tersebut sudah turun maka sudah bisa dilalui jalur darat, tak jalan sepanjang 80 kilometer yang ditempuh. Saat diperjalanan akan ada 2 sungai yang akan dilalui, yakni sungai di daerah Long Semamu bentangnya mencapai 80 meter.

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

“Barangkali nanti saat lewat sungai itu pakai rakit saja,” bebernya.

Helmi memaparkan jika kondisi jalan itu saat ini sudah bisa dilalui dan sudah difungsikan. Hanya saja permukaannya sebagian besar berupa tanah dan sebagian lagi ada yang sudah dihampar agregat, bahkan diawal ruasnya sudah ada sebagian yang perkerasan aspal.

“Yang jelas jalan itu sudah bisa dilalui mobil dalam kondisi kering. Jadi panjang jalannya itu kurang lebih 80 kilometer,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2660 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *