Limbah Medis Tidak Boleh Dibuang Sembarang Tempat

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Adanya laporan limbah medis yang berserakan dan berdekatan dengan pemukiman warga beberapa waktu lalu, mendapat respons Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bulungan.

Kepala DLH Bulungan, Ismail membenarkan adanya laporan masyarakat di sekitar RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Di mana ditemukan limbah medis botol plastik infus.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1575 votes

“Betul ada aduan, tapi sudah bersihkan. Jadi untuk penanganan limbah domestik dan limbah medis di RSUD infonya dilakukan pihak ketiga yang menangani. Sebab sampah medis harus dilakukan dengan perlakuan khusus,” sebutnya Jumat (5/5).

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

Ismail, menyebutkan limbah medis tidak boleh sembarangan dibuang apalagi di tempat pembuangan sampah. Pemusnahan harus dilakukan menggunakan insinerator. Tapi dengan adanya temuan limbah medis tersebut, kemungkinan dilakukan pihak ketiga.

“Ini hanya asumsi saya saja, sebab tidak mungkin warga maupun perawat membuang sisa botol infus sembarangan. Untuk pembuangan limbah medis yang sembarangan ini bisa menyebakan berbagai macam infeksi,” sebutnya kepada Benuanta.co.id,.

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

Selain tidak boleh dibuang sembarangan, limbah medis juga tidak boleh dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sesuai instruksi Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK).

“Apapun bentuknya, rumah sakit harus amankan limbanya sebab sudah bekerja sama dengan pihak ketiga yang melakukan pembersihan. Jadi saya klaim ini ada keteledoran, karena menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Tetapi, ini hanya asumsi saja,” turunya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Bidang (Kabid) Penaatan dan Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Bulungan, Irwansyah pihaknya sudah turun melakukan pemeriksaan terhadap aduan warga. Namun saat ke lokasi, limbah medis tersebut sudah dibersihkan.

Baca Juga :  Setelah Melahirkan, Penting Cek Kekuatan Otot Dasar Panggul

“Sejak video dari warga setempat beredar di media sosial, sudah langsung dibersihkan,” jelasnya.

Pihaknya juga melakukan pertemuan langsung dengan manajemen rumah sakit agar limbah medis bisa ditagani secara khusus.

“Kita saat ini belum menerima laporan dampak dari limbah medis tersebut, tetapi keluhan warga yang jadi perhatian,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *