Kelola Pajak Air Permukaan Bapenda Sulsel jadi Rujukan Bapenda Kaltara

benuanta.co.id, Bulungan – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengagendakan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangka bertemu dengan Bapenda Sulsel untuk membahas peningkatan Pajak Air Permukaan (PAP).

Kepala Bapenda Kaltara, Dr. Tomy Labo mengatakan kunjungannya ke Bapenda Sulsel kedepan dalam rangka studi lapangan, terkait rencana optimalisasi peningkatan pajak air permukaan.

“Kita kan sudah dilakukan groundbreaking pembangunan PLTA Sungai Mentarang beberapa waktu lalu. Jadi kita harus punya kerangka nanti tentang tata cara perhitungan pemanfaatan air, makanya kita ke Bapenda Sulsel sebagai referensi,” ujarnya kepada benuanta.co.id Kamis, 4 Mei 2023.

Dia menjelaskan pemilihan Bapenda Provinsi Sulsel untuk rujukan lantaran memiliki pendapatan PAP cukup tinggi dibandingkan dengan provinsi lain. Kata dia, banyak provinsi yang memiliki pemanfaatan air namun tidak sebesar dengan Sulsel.

“Walaupun di provinsi lain ada, seperti Jawa Barat ada Waduk Jatiluhur-nya, kemudian di Sulawesi Tengah lalu ada Kaltim. Tapi, kita lihat Sulsel ini PAP-nya tembus Rp500 miliar pertahun jadi coba kita kesana,” jelasnya.

Kata dia, banyak potensi di Kaltara yang masuk dalam PAP belum tersentuh salah satunya objek pemancingan dan permandian. Agar termanfaatkan dengan baik untuk pemasukan bagi daerah, maka potensi ini akan digarap secara maksimal.

“Oleh karena itu Bidang Pajak Daerah nantinya yang lebih bergerak untuk menjadikan ini sebagai referensi. Makanya kita siapkan perangkat regulasinya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *