Dukung Industri Digital, Disperindagkop Kaltara Rencana Gelar Pelatihan Manajamen UMKM

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada tanggal 9-11 Mei bakal mengadakan kegiatan Pelatihan Keamanan Pangan (PKP) pertama di Kota Tarakan.

“Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan di tanggal 9-11 di Tarakan untuk jadwal jam berapa nanti menyesuaikan,” ungkapnya Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disperindagkop Kaltara, Mohtari, Rabu (3/5/2023).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1947 votes

Dijelaskannya kegiatan PKP pertama bakal berlangsung di dua tempat kota Tarakan

“Ada 2 kegiatan pelatihan yaitu pelatihan manajemen pemasaran bagi pelaku UMKM angkatan 1 di Hotel Duta Tarakan dan pelatihan keamanan pangan angkatan 1 di Hotel Lotus Panaya,” ujarnya.

Mohtari juga mengatakan diharapkan total peserta UMKM yang nanti bisa hadir mencapai 70 orang

“Jadi 35 peserta di Hotel Duta lalu di Hotel Lotus 35 peserta juga total 70 orang para pelaku UKM yang terbuka untuk umum bisa hadir,” ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya telah mengundang narasumber yang ahli pada bidang industri ekonomi kreatif.

“Narasumber ada dari universitas borneo, plut kaltim, biro pengadaan provinsi, DMPTSP Tarakan, Dinkes Tarakan, BPOM Tarakan,” jelasnya.

Selain itu hasil akhir dari peserta UKM mengikuti rangkaian pelatihan keamanan pangan di dua tempat tersebut bisa menerima sertifikat PIRT

“Ada sertifikat nya, dan untuk pelatihan PKP target kita Dinkes akan mengeluarkan sertifikat PIRT,” bebernya.

Sebab menurutnya, dengan memiliki sertifikat PIRT dari Dinas Kesehatan setempat maka dapat dipastikan produk UKM layak konsumsi.

“Lalu nanti akan ada  pre dan post test. Dan harapan sertifikat bisa dikeluarkan pada hari itu juga dari higienitas pangan, pengolahan dan juga perundangannya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *