Serahkan Berkas ke KPU, Hasan Basri Gunakan Pakaian Adat

benuanta.co.id, TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara (Kaltara) menerima berkas persyaratan pendaftaran bakal calon anggota DPD RI yang diserahkan Hasan Basri di Tanjung Selor, Rabu (3/5/2023).

Usai menerima berkas tersebut, Komisioner KPU Kaltara Teguh Dwi Subagyo, mengatakan berkas persyaratan Hasan Basri telah lengkap dan selanjutnya akan diverifikasi administrasi dalam tahap berikutnya.

Penyerahan berkas ini juga dimudahkan dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) memudahkan bagi penyelanggara dalam melakukan pengecekan persyaratan.

“Dengan aplikasi Silon kita dipermudah. Kemarin begitu mereka submit, langsung kita cek di aplikasi. Jadi tadi mereka cukup menyerahkan 2 lembar print out-nya saja. Berikut berkas pribadi bakal calonnya,” ucap Teguh.

Baca Juga :  Pesta Rakyat, Resepsi Pernikahan Putra Kedua Gurbernur Kaltara Dimeriahkan Artis Ternama

Teguh menyebut, setelah dilakukan pemeriksaan awal persyaratan yang diajukan pihak Hasan Basri telah dinyatakan lengkap. Namun untuk surat kelangkapan pribadi bakal calon seperti ijazah, kesehatan dan lainya hanya akan memeriksa keberadaannya saja.

Sekadar informasi, verifikasi administrasi di tahap berikutnya akan dilangsungkan mulai 15 Mei hingga 23 Juni mendatang bersamaan berkas bakal calon lainnya.

“Ada atau tidak dan mereka (Hasan Basri) Alhamdulilah lengkap,” terangnya.

Diketahui, Hasan Basri menjadi bakal calon anggota DPD RI dari wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) pertama yang mendaftar di KPU Kaltara Rabu.

Baca Juga :  Konektivitas Jalan Diyakini akan Berdampak pada Pembangunan Desa

Dalam pendaftranya sebagai calon DPD RI, Hasan Basri didampingi puluhan pendukung dan relawan menggunakan pakaian adat dari berbagai macam daerah guna mencerminkan ciri khas warga Kaltara.

Mulai dari pakaian adat Jawa, Bulungan, Bugis, Dayak, Tidung digunakan pendukung Hasan Basri untuk mengantar dokumen persyaratan ke KPU.

Di kesempatan tersebut, Hasan Basri mengatakan walaupun berbeda suku semua adat adalah satu kesatuan rakyat Indonesia dalam bingkai negara kesatuan berbeda-beda tetap satu untuk Kaltara.

Baca Juga :  Gubernur Harap Simfoni PPA di Kaltara Berjalan Optimal

“Seperti yang saya gunakan saat ini adalah pakaian dari Sulwesi,” katanya,” ucapnya.

Adapun alasan dirinya untuk kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPD RI dikarenakan banyak kegiatan atau program dirinya usulkan belum sampai secara menyeluruh ke lapasian masyarakat Kaltara. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2591 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *