Pemprov Kaltara Lakukan Pengusulan ASN Penerimaan Satyalancana ke Pusat

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemberian Satyalanca bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) setiap tahunnya ada. Pada tahun 2023 ini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara telah melakukan pendataan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Informasi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara, Marmo mengatakan untuk pemberian Satyalancana tidak sembarangan, pasalnya harus melalui pengusulan ke pusat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Kemarin surat sudah kita informasikan kepada kepala daerah untuk melakukan pengusulan. Sudah sangat mudah pengusulan kini sudah lewat online, berbeda dengan zaman dulu memakai berkas,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Rabu, 3 Mei 2023.

Dia memastikan ASN penerima Satyalancana ini pada tahun ini mencapai ratusan orang, pasalnya setiap periode itu akan ada ASN yang mencapai masa kerja 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

“Data sendiri belum ada yang masuk, karena kita baru pendataan juga dengan mengirim surat ke setiap OPD-OPD,” ujarnya.

Namun dirinya memprediksikan penerima tahun ini dengan tahun 2022 tidak jauh berbeda, dimana jumlah penerima Satyalancana tahun 2022 mencapai 364 orang itu terdiri pengabdian 10 tahun ada 291 orang, pengabdian 20 tahun ada 42 orang dan pengabdian 30 tahun ada 31 orang.

“Pemberian tanda kehormatan Satyalancana ini terutama kepada ASN yang telah menunjukan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan serta prestasi kerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” terangnya.

Marmo menambahkan dasar pemberian Satyalancana Karya Satya tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.(adv) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *