Wabup Nunukan Jadi Irup Upacara Hardiknas dan Peringatan OTDA ke-XXVII Tahun 2023

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah daerah Kabupaten Nunukan memperingati hari Pendidikan Nasional dan peringatan Otonomi Daerah ke – XXVII Tahun 2023. Upacara dilaksanakan di halaman kantor bupati Nunukan, Selasa, 2 Mei 2023.

Upacara  diikuti dari kalangan pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Mengatakan Atas (SMA) serta mahasiswa dan organisasi perangkat daerah serta TNI-Polri. Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, bertidak sebagai inspektur upacara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

H. Hanafiah saat ditemui usai upacara mengatakan, di wilayah perbatasan masih banyak ditemui yang masih Blank spot hal itu menjadi hambatan di pendidikan yang melakukan penginputan data baru, apalagi wilayah perbatasan sangat luas yang mencapai 80 persen jauh dari ibu kota Kabupaten.

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokuspada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Kita juga perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka,” kata Hanafiah.

Selain itu, hari ini Pemda Nunukan merangkai peringatan hari otonomi daerah ke 27 tahun 2023. Tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *