Kapolda Kaltara Apresiasi Peringatan Hari Buruh Sedunia di Tarakan Berlangsung Damai

benuanta.co.id, TARAKAN – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara (Kaltara) hadir langsung pada perayaan May Day yang berlangsung di Taman Berkampung Kota Tarakan, Senin, 1 Mei 2023. Didampingi jajarannya, Kapolda turut melakukan serangkaian aktivitas May Day yang dikemas dalam bentuk jalan santai, pemberian Jaminan Hari Tua (JHT), goes, donor darah, juga pembagian doorprize bersama serikat pekerja.

Dalam sambutannya, Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adtyajaya menjelaskan peringatan hari buruh adalah hal yang penting dimana peringatannya memberikan pesan bahwa pekerja juga melakukan perjuangannya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

“Kalau di hari-hari biasa atau tahun sebelumnya, kami Polri seluruh Indonesia tentunya juga memperingati hari buruh namun dalam sisi bagaimana kita dapat mengamankan agar peringatannya berlangsung dengan baik,” jelasnya, Senin (1/5/2023).

Baca Juga :  Apel Siaga, Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pasca Lebaran Idulfitri

Pada May Day kali ini, dikatakannya Kapolda tak hanya melakukan pengamanan melainkan turut serta pada perayaannya. Ia melanjutkan kegiatan ini merupakan luar biasa yang mana Tarakan sebagai pelopor kegiatan Hari Buruh yang berlangsung dengan meriah bersama pemerintah.

“Kami sangat mengapresiasi. Semoga kegiatan ini dapat berjalan di tahun-tahun berikutnya. Demikian juga untuk wilayah kabupaten lain di Kaltara,” lanjutnya.

Ia berharap kegiatan May Day yang dikemas sedemikian rupa merupakan hal yang baik dimana pekerja duduk bersama dengan pemerintah. Dalam kesempatan ini ia juga mengucapkan selamat hari buruh kepada seluruh pekerja di Kaltara.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Arus Balik Lebaran, Kapolri Patroli Udara Jalur Tol

Hari buruh merupakan waktu yang tepat untuk merayakan pencapaian kerja dan penghormatan kepada kontribusi mereka terhadap perekonomian.

Lebih jauh dikatakannya, kegiatan May Day kali ini juga berlangsung dibeberapa titik di Kaltara. Diantaranya, Kabupaten Nunukan terdapat dua titik yakni di Pelabuhan Tunon Taka oleh kelompok TKBM Tunon Taka dengan perkiraan 200 massa dan di PT. Nunukan Jaya Lestari oleh SBSI dengan perkiraan 200 massa. Diuraikannya, di Tarakan sendiri terdapat dua lokasi yakni Taman Berkampung dan PT. Intraca Woods oleh sekelompok pekerja dengan kisaran 1.400 massa yang dikemas dalam bentuk jalan santai dan pembagian doorprize. Sementara untuk di wilayah Bulungan akan berlangsung perayaan May Day di depan gedung DPRD Provinsi Kaltara dengan perkiraan 500 massa yang akan berlangsung pada Selasa, 2 Mei 2023.

Baca Juga :  Gelar Halal Bihalal, Kadiv Humas Tekankan Pentingnya Kebersamaan

“Tuntutannya menolak Omnibuslaw dan UU Cipta Kerja, menolak PHK sepihak dan meningkatkan skill tenaga kerja dan melibatkan pekerja dalam pengawasan tenaga kerja. Besok itu di Bulungan. Kalau hari ini Tarakan dan Nunukan saja,” terang dia.

Jenderal bintang dua itu menegaskan, menyoal tuntutan UU Cipta Kerja sendiri pihaknya menjamin adanya kemerdekaan berpendapat bagi para serikat buruh dengan memastikan penyampaian aspirasi berjalan dengan lancar.

“Kita apresiasi ya semuanya aksi damai. Bahkan mereka bergandengan tangan. Sosialisasi duduk bersama menjadikan momen ini terbaik untuk pekerja, pemerintah juga. Kalau yang besok itu kita akan kawal prosesnya,” tutupnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *