Bank Sampah Borneo Bersinar Wakili Kaltara di Tingkat Nasional

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kabupaten Nunukan mewakili provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengikuti Festival Inovasi Daerah di Pantai Losari Makassar, yang diikuti 27 kabupaten dan kota di Indonesia pada 28 April hingga 1 Mei 2023.

Pengolah limbah plastik pelampung rumput laut Nunukan Andi Maskur Badawi mengatakan, tahun ini Bank Sampah Borneo Bersinar meraih juara 1 tingkat Provinsi Kaltara dengan kategori Teknologi Tepat Guna (TTG) Unggulan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Alhamdulillah kita perwakilan dari Kabupaten Nunukan, juara 1 di tingkat provinsi Kalimantan Utara, dan melanjutkan ke tingkat Nasional di Makassar,” kata Andi Maskur Badawi, kepada benuanta.co.id, Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga :  Dua PMI Kabur dari Malaysia, Ngakunya Gaji Tak Sesuai Perjanjian 

Dirinya telah membuat pelampung ramah lingkungan sehingga menjadi prodak Kabupaten Nunukan sehingga hal itulah yang dibawa ke Festival Inovasi Daerah di Pantai Losari Makassar.

Selain itu, melihat kondisi Kabupaten Nunukan yang merupakan sentral rumput laut sehingga dirinya membuat pelampung yang ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik. Sekitar 1 ton lebih sampah plastik yang sudah diolah Bank Sampah Borneo Bersinar untuk membuat pelampung yang ramah lingkungan.

Baca Juga :  Usulan Musrenbang se-Kecamatan Nunukan Telah Terinput di SIPD

Sedangkan pelampung ramah lingkungan yang ia buat ini berbeda dengan pelampung daripada yang lainnya karena bisa bersinar pada malam hari. “Pelampung ini menyimpan cahaya pada siang hari namun pada malam dia akan bersinar,” jelasnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, DPMD Nunukan, DLH Nunukan, Bappeda Litbang Nunukan dan Camat Nunukan Selatan yang telah memberikan dukungan dan dedikasinya.(*)

Baca Juga :  Listrik Padam di Nunukan Disebabkan Monyet

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *