RSUD dr. H JSK Satu-satunya Rumah Sakit di Kaltara yang Miliki Layanan Terapi Bicara

benuanta.co.id, TARAKAN – RSUD dr. H Jusuf SK telah membuka pelayanan terapi bicara yang bertempat di layanan Fisioterapi. Kendati masih terbatas sumber daya terapis, RSUD dr H JSK merupakan satu-satunya rumah sakit di Kalimantan Utara (Kaltara) yang membuka layanan untuk membantu berbicara.

“Di Kaltara itu hanya ada saya sendiri terapisnya. Saya sedang berusaha juga untuk menarik teman-teman dari wilayah Jawa dan Jakarta untuk dapat bergabung di sini,” ucap Terapis Wicara RSUD dr. H JSK, Muhammad Rahmadilah, Kamis (27/4/2023).

Layanan terapi bicara ini telah dibuka sejak Februari 2021 lalu. Ia menilai, wilayah Kaltara sendiri sangat membutuhkan pelayanan ini.

“Pasiennya lumayan banyak. Sekarang ini satu hari sebanyak 14 pasien. Sedangkan efektifnya kita maksimal 8. Karena kita dari jam 7.30 WITA sampai jam 16.00 WITA,” tambahnya.

Pada layanan ini, pasien yang ditangani mayoritas telah menggunakan BPJS Kesehatan. Artinya pendaftaran pun dapat dilakukan secara online ataupun datang ke lobby utama RSUD dr. H JSK.

Walaupun keterbatasan terapis, pihaknya selalu mengupayakan penambahan guna meningkatkan pelayanan. Terlebih sebelum dibukanya layanan terapis ini, mayoritas pasien dari Tarakan dirujuk ke Samarinda.

“Tenaga kita masih terbatas. Apalagi di Jawa itu banyak yang butuh. Tapi dengan ini pasien di Kaltara tidak perlu dirujuk,” tukasnya.

Dalam layanan terapi wicara ini RSUD dr. H JSK membuka layanan satu kali dalam sepekan dan melayani setiap hari kerja. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *