Jam Besuk Lebaran Kembali Dibuka Setelah 3 Tahun Tak Diberlakukan 

benuanta.co.id, Tarakan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan kembali membuka kunjungan untuk para tahanan di Hari Raya Idul Fitri 1444 H pada Senin, 22 April 2023. Hal itu pertama kali dilakukan setelah tiga tahun sebelumnya tidak diberlakukan jam besek karena Covid-19.

“Hari kunjungan pertama di hari lebaran. Kebetulan ada teman-teman juga sudah memantau dari pagi, siang sampai sekarang sangat banyak (pembesuk) karena baru di buka tahun ini besukan. 3 tahun yang lalu Covid jadi hanya menitipkan makanan barang dan segala macam,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan, Mohammad Ridwantoro Mengatakan Sabtu (22/4/2023)

Jadwal besukan untuk para tahanan pun telah diatur oleh pihak Lapas. Ada dua sesi, yang pertama di jam 08.30 – 11.30 dan untuk sesi ke dua 13.30 – 15.00.

Kunjungan Idul Fitri ini akan berlangsung selama empat hari berturut-turut dengan jam yang sama.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

“Saya ada kebijakan internal dan belum dicetuskan tapi sudah ditulis, kalau memang banyak (pembesuk) kita tambah dua hari lagi,” ujarnya.

Ridwantoro menambahkan adanya kebijakan internal penambahan hari kunjungan disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang melebihi kapasitas.

“Sekarang pertama dibuka, antusias pengunjung banyak karena jumlahnya juga melebihi kapasitas yang hanya 4.777 diisi 1.542. Jadi kesannya kemanusiaan, kita memberlakukan kepada pengunjung untuk berkunjung,” sebutnya.

Selain itu, Lapas Tarakan juga memberikan batasan waktu untuk pengunjung yaitu 20 menit per orangnya. Akan tetapi melihat kondisi pembesuk yang meningkat maka batas waktu berkunjung dikurangi menjadi 15 menit per orang.

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

22 petugas jaga dikerahkan oleh pihak Lapas untuk memastikan keamanan kegiatan kunjungan ini.

“Petugas pertama 12 orang penjagaan dan petugas tambahan lebaran ada 10 orang jadi ada 20 orang, mudah-mudahan aman,” tutupnya.  (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *