Muhammadiyah di Nunukan Gelar Salat Ied 1 Syawal, Khatib Sebut Perbedaan Jangan Mencabik Persatuan Umat Islam

benuanta.co.id, NUNUKAN – Muhammadiyah Nunukan melaksanakan sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di halaman Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Nunukan, Jalan Mulawarman Nunukan Timur RT 07, pada Jumat pagi, 21 April 2023.

Dari pantauan benuanta.co.id, ratusan jamaah melaksanakan sholat Idul Fitri dengan khidmat yang dimulai sekira pukul 07.00 Wita hingga pukul 08.15 Wita.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1560 votes

Ahmad, salah satu jamaah mengatakan meski sebelum pelaksanaan salat Idulfitri sempat diguyur hujan namun tidak mengurangi niatnya untuk melaksanakan salat ied.

Baca Juga :  12 Kasus Karhutla Terjadi di Nunukan Selama 2 Bulan Terakhir

“Sebelum ke sini tadi sempat hujan, tapi Alhamdulillah kita bisa melaksanakan salat idulfitri tahun ini dengan lancar dan khidmat,” kata Ahmad kepada benuanta.co.id, Jumat (21/4/20233).

Sebagaimana yang disampaikan KH. Harun Zain dalam khutbah, meski hari ini sebagian muslim sudah ada yang melaksanakan idulfitri, namun masih ada saudara muslim kita yang lain masih melaksanakan ibadah puasa Ramadan hingga hari ini. Namun demikian, perbedaan ini jangan mengusik dan mencabik persatuan.

“Sejak Muhammadiyah berdiri seabad lalu sudah menggunakan hisab. Hal itu sebagai perkembangan terkini dan menganut kemajuan teknologi. Sementara saudara kita yang masih menggunakan rukyat, seringkali beda penentuan waktu Syawal, tapi beda tersebut telah terjadi sejak dulu dan ukhuwah atau persaudaraan terawat hingga kini,” jelas Harun.

Baca Juga :  Pelabuhan Tunon Taka Diprediksi Sepi Penumpang pada Arus Mudik 2024

Sementara itu, tampak aparat keamanan dari TNI-Polri dan Dinas Perhubungan Kabupaten Nunukan melakukan pengamanan selama pelaksanaan sholat berlangsung.

Kabag Ops Polres Nunukan, AKP I Eka Berlin mengatakan untuk pengamanan salat Idul Fitri Muhammadiyah Nunukan pada hari ini pihaknya menurunkan 12 personel.

“Untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri Muhammadiyah hanya dipusatkan di halaman disini saja, jadi personel yang kita turunkan dari Polsek Nunukan ada 5 orang, dari Satuan Lalu Lintas ada 3 personel dari Polres ada 4 personel, dari TNI ada 2 personel dan 4 personel dari Dinas Perhubungan, jadi total ada 18 personel gabungan,” kata Berlin kepada benuanta.co.id, Jumat (31/4/2023).

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Dikatakannya, untuk perkiraan total jamaah Muhammadiyah yang melaksanakan sholat Idul Fitri kurang lebih ada sekitar 320 orang.

“Kita melakukan pengamanan memastikan saudara-saudara kita yang hari melaksanakan sholat Idul Fitri bisa merasa aman, begitu juga untuk memastikan arus lalu lintas tetap berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Diketahui, penetapan 1 Syawal atau Idul Fitri yang jatuh pada hari ini sebagaimana maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Dengan metode hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam menentukan 1 Syawal.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *