Peluang Atlet Berprestasi di Kabupaten Kota, Dispora Kaltara Harap Perlu Sinergitas

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Potensi para atlet berbakat dan berprestasi dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk dikancah nasional dan internasional merupakan menjadi pekerjaan bersama para institusi terkait.

Hal itu dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara Eka Putra Pramono bahwa perlu ada sinergitas dari banyak pihak.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2069 votes

“Untuk meraih prestasi di kabupaten kota perlu sinergitas dari banyak pihak seperti pemerintah, koni, pengkab pengkot cabor, DPRD, dari unsur perusahaan dan dibuat komitmen bersama,” jelas, Kamis (20/4/2023).

Upaya sedini mungkin dapat dilakukan melalui adanya pembentukan peraturan daerah (Perda) khusus keolahragaan provinsi Kalimantan Utara.

“Dimulai dengan pembuatan perda. Sehingga harapan kita ke depan bahwa persoalan terbatas anggaran untuk olahraga bisa ditetapkan saat ini bisa selalu tersedia untuk pengembangan olahraga yang lebih baik dan terbentuknya manajemen kinerja yang efektif sehingga standar pelayanan meningkat,” bebernya.

Lalu kata dia, adanya sinergitas instansi terkait terbuka melakukan aksi perubahan pada sektor olahraga lebih majemuk.

“Seperti harus segera disahkannya Perda penyelenggaraan olahraga sebagai pedoman peningkatan prestasi di provinsi kalimantan utara lalu tersusunnya Kalender olahraga tahunan yang semakin lengkap kemudian tersedianya data base olahraga yang selalu up to date setiap tahunnya,” tuturnya.

Untuk dapat tercapai aksi perubahan demi kemajuan olahraga di Bumi Benuanta maka harus segera melakukan pengumpulan data.

“mengumpulkan data kalender olahraga tahunan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi dan Kabupaten Kota serta Kalender even olahraga dari  stakeholder seperti KONI, KORMI, NPC dan Cabor-cabor unggulan,” jelasnya.

Dengan demikian dijelaskannya bahwa tujuan mengembangkan atlet berprestasi pada bidang olahraga dapat terarah.

“Agar tujuan aksi perubahan dapat terwujud sesuai dengan waktu yang diharapkan perlu dilakukan pemetaan dalam pencapaiannya melalui penyusunan roadmap dan penjelasan pentahapannya yang akan dijabarkan dalam milestone mulI pencapaian jangka pendek,menengah, dan panjang,” pungkasnya. (adv) 

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *