Antisipasi Tumpukan Penumpang, Pelni Makassar Siapkan 15 Kapal Tambahan

benuanta.co.id, Makassar – Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang pada arus mudik Lebaran 1444 Hijriah, PT Pelni Cabang Makassar kembali melakukan penambahan kapal penumpang sebanyak 15 unit berbagai tujuan. Adapun daerah tujuan yang, Surabaya, Nusa Tenggara Barat, Balikpapan dan Baubau.

Penambahan unit tersebut merupakan skema Pelni Makassar untuk arus mudik tahun ini. Di mana hingga saat ini, tujuan Surabaya, NTB, Balikpapan dan Baubau merupakan daerah tujuan terbesar arus mudik dari Makassar.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1576 votes

“(Untuk jumlah penumpang setiap kapal) tergantung kapasitasnya nanti,” kata Kepala Cabang Makassar PT Pelni Muhammad Jabir sembari menambahkan bahwa harga tiket belum ada kenaikan. “Kalau harga tiket seluruh di Indonesia masih normal belum ada kenaikan harga tiket,” tambahnya, saat dikonfirmasi, Rabu, (19/4/2023).

Adapun harga tiket berbagai tujuan yang dominan Makassar-Surabaya Rp282 ribu, Makassar-Kalimantan Rp686 ribu, Makassar-Kupang Rp393 ribu dan Makassar-Baubau Rp176 ribu.

Jabir mengimbau masyarakat agar dapat membeli langsung tiket di loket-loket resmi PT Pelni dan kantor biro perjalanan untuk antisipasi adanya calo dan peredaran tiket palsu.

“Jadi saya sudah kumpulkan para travel bahwa yang beli tiket harus sesuai dengan KTP, jika ada yang datang tidak sesuai KTP atau diantar harus ditolak. Saya berusaha untuk menghindari tiket palsu atau harga tiket yang tidak sesuai yang ada,” tukasnya.

Dikonfirmasi terpisah, pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Makassar mencatat, total arus mudik Lebaran 2023 ini mengalami tren peningkatan 169 persen dibandingkan periode mudik tahun sebelumnya.

“Tahun ini mengalami trend pertumbuhan sebesar 169 persen atau naik 35.896 orang dari tahun sebelumnya,” ujar General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid.(*)

Reporter: Akbar

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *