18 Pospam dan Posyan di Nunukan Jamin Keamanan, Keselamatan dan Kelancaran Arus Lalu Lintas

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pengamanan arus mudik hingga arus balik mudik melalui operasi ketupat Kayan terhitung sejak 18 April hingga 1 Mei 2023 mendatang, Kepolisian Resor (Polres) siagakan 18 pos pengamanan dan pelayanan.

Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia melalui Kabag Ops Polres Nunukan, AKP I Eka Berlin mengatakan sejatinya pengembangan jelang lebaran idulfitri sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1567 votes

Untuk memberikan pengembangan dan pelayanan kepada masyarakat, ada 18 pos yang telah disiapkan.

Baca Juga :  Pelabuhan Tunon Taka Diprediksi Sepi Penumpang pada Arus Mudik 2024

“Untuk tahun ini ada kita ada 18 pos yang terdiri dari 2 pos Pam (pengamanan) terpadu, 14 pos Yan (pelayanan) terpadu, dan 2 pos pam di tempat tempat wisata maupun pos mobile,” kata Berlian kepada benuanta.co.id, Rabu (19/4/2023).

Dikatakannya, adapun nantinya setiap Pos tersebut akan di isi oleh personel dari Polres Nunukan, TNI, BPBD, PMK, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, PMI dan instansi terkait lainnya dengan total keseluruhan personel yang terlibat yakni 245 orang.

Berlin mengungkapkan, adapun yang menjadi sasaran Pos tersebut yakni terkait keamanan, keselamatan orang, barang, dan kelancaran arus lalu lintas di tempat keramaian maupun kegiatan masyarakat.

Baca Juga :  1.500 Paket Sembako untuk Honorer dan Dhuafa di Nunukan

“Jadi personel ini akan melakukan pengawasan seperti masyarakat yang akan melaksanakan mudik melalui pelabuhan maupun bandara, kemudian tempat-tempat ibadah, pasar-pasar tradisional, toko-toko yang mana tentunya akan ramai lantaran belanja kebutuhan lebaran, Perbankan, SPBU dan beberapa titik keramaian lainnya kita prioritaskan pengamanannya,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk Pos Pelayanan sediri berfungsi memberikan informasi masyarakat terkait mudik, jalur jalan dan informasi lainnya, sedangkan Pos pengamanan untuk menciptakan rasa aman kepada masyarakat yang berada di titik keramaian.

Baca Juga :  Dua PMI Kabur dari Malaysia, Ngakunya Gaji Tak Sesuai Perjanjian 

“Pos ini kita tempatkan di titik-titik ada yang di Pelabuhan Tunon Taka, di pelabuhan PLBL, di bandara, pelabuhan Feri dan beberapa di titik jalan yang selalu menimbulkan keramaian seperti di Jalan TVRI,” ujarnya.

Disampaikannya, meski saat ini sudah tidak pandemi covid-19, namun pihaknya tegaskan tetap mengedepankan keselamatan dan kesehatan penumpang.

Sehingga ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat ini hingga lebaran nanti.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *