Jelang Lebaran, Polisi Ingatkan Tetap Patuhi Aturan Berkendara

benuanta.co.id, TARAKAN – Volume kendaraan mulai mengalami peningkatan jelang Hari Raya Idul Fitri 2023. Peningkatan kendaraan ini disinyalir terjadi karena banyaknya aktivitas masyarakat yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona menjelaskan terkait ramainya kendaraan di jalan pihaknya akan melakukan pemantauan day by day bersamaan dengan Operasi Ketupat Kayan yang tengah berlangsung. Tak menutup kemungkinan rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan jika dirasa perlu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1997 votes

“Seperti nanti pawai di malam takbir tentu ada skema yang kita keluarkan untuk lalu lintas. Kita atur supaya lebih teratur saja,” jelasnya, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga :  Mudik Lebaran Kepolisian Tak Temukan Calo Tiket Pelni

Untuk titik-titik keramaian sendiri pihaknya telah memetakan beberapa. Titik inipun sesuai dengan aktivitas atau kegiatan yang akan digelar masyarakat maupun pemerintah jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kita sudah petakan satu persatu. Kegiatan-kegiatan yang sudah diberitahukan kepada kami. Termasuk saat Salat Ied nanti,” lanjutnya.

Ditambahkan oleh Kasat Lantas Polres Tarakan, AKP Rully Zuldh Fermana antisipasi keramaian jelang lebaran ini menjadi atensi lebih dari pihak Satlantas. Terlebih pada tahun 2022 lalu, angka kecelakaan cenderung meningkat selama Operasi Ketupat Kayan.

Baca Juga :  Arus Mudik Lancar, Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat Selama Ops Ketupat 2024

“Itu menandakan masyarakat sudah mulai antusias. Jangan sampai tahun ini terlalu euforia sehingga melupakan aspek keselamatan. Meski Covid sudah tidak ada tetapi keselamatan berkendara itu harus tetap diperhatikan,” tambahnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi aturan berkendara. Terlebih saat ini Operasi Ketupat Kayan 2023 telah berjalan. Sehingga pihaknya pun akan menempatkan personel pada titik-titik keramaian yang sudah dipetakan.

Baca Juga :  Arus Balik Padati Dermaga Pelabuhan Tengkayu I Tarakan 

Lebih jauh ia sampaikan, tak hanya untuk rangkaian menjelang Idul Fitri, ia juga mengimbau agar masyarakat khususnya pengguna roda dua agar tetap mengenakan helm saat momen Idul Fitri berlangsung.

“Jangan dijadikan momen idul Fitri untuk melupakan aspek keselamatan. Termasuk berkendara dengan jarak yang dekat juga. Harus tetap menggunakan helm,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *