Tim Gabungan Cek Speed Boat yang Hendak Berangkat dari Pelabuhan Kayan II

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pastikan kondisi armada speed boat laik dan aman digunakan masyarakat untuk mudik lebaran. Polresta Bulungan bersama Kodim 0903/Bulungan, Dinas Perhubungan dan instansi terkait melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di beberapa speed boat yang akan berangkat.

Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan kesiapan moda transportasi angkutan sungai. Ada beberapa yang tak luput dalam pantauannya, di antaranya sisi keamanan speed boat yang digunakan juga dari spesifikasi armadanya.

“Selain keamanan dan spek termasuk fasilitas yang ada di pelabuhan ini,” ucap Kombes Agus kepada benuanta.co.id, Jumat, 14 April 2023.

Baca Juga :  Polisi Dalami Motif Kasus Pemerkosaan dan Penganiayaan Lansia

Dia mengatakan jika semua armada speed boat yang beroperasi melayani rute Tanjung Selor-Tarakan, lalu rute Tanjung Selor-Nunukan, Tanjung Selor-Bunyu dan sebaliknya telah dilakukan uji kelayakan yang dilaksanakan terakhir bulan Desember 2022.

“Pengecekan secara kasat mata tadi, saya lihat untuk pelampung, APAR, pintu darurat dan obat-obatan semua sudah tersedia,” paparnya.

Antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang, pihaknya mendapatkan informasi dari Dinas Perhubungan akan ada tambahan armada sebagai perbantukan.

“Kalau penumpang overload maka ada tambahan 7 unit speed boat yaitu 4 dari Tarakan dan 3 dari Tanjung Selor,” sebut pria yang pernah menjabat Kapolres Malinau ini.

Tak hanya itu, antisipasi penumpang maka ruangan kedatangan pada mudik lebaran tahun ini dialihkan di luar. Ruangan kedatangan akan dijadikan ruang tunggu keberangkatan tambahan.

Baca Juga :  Imigrasi Tarakan Terbitkan 153 Paspor Terhitung 23-26 Mei

Bahkan pihaknya komitmen agar setiap motoris dan pengemudi mobil travel akan dilaksanakan tes kesehatan dan tes narkoba. Hal ini untuk memastikan semuanya sehat dan bugar dalam membawa penumpang.

“Kita akan agendakan beberapa hari ke depan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,” bebernya.

Sementara itu, Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro mengatakan pihak TNI AD dalam pengamanan juga terlibat. Dalam rapat lintas sektoral itu membahas terkait pengamanan dalam rangka lebaran Idul Fitri salah satunya mengecek kesiapan armada setiap moda transportasi.

Baca Juga :  Polisi Bekuk Pelaku Pemerkosaan dan Penganiayaan Lansia di Panti Jompo

“Kami terlibat juga untuk pengamanan, untuk itu dipastikan akan terjadi adanya lonjakan penumpang,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Bulungan, Hairul menjelaskan persiapan mudik lebaran Idul Fitri 2023 dari sisi pemerintah daerah, Dinas Perhubungan menambah beberapa personel yang akan membantu kelancaran arus mudik. Tak hanya itu pihaknya akan memperluas areal pelayanan.

“Pelayanan untuk ruang kedatangan kita steril dulu persiapan dijadikan ruang tunggu keberangkatan. Untuk kedatangan menggunakan jalur luar. Personelnya kita tambah sekitar 12 orang,” terangnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *