Siaga Khusus Lebaran 2023, Basarnas Kerahkan 80 Personel

benuanta.co.id, TARAKAN – Basarnas Tarakan menyiagakan personel khusus menghadapi lebaran 2023. Siaga SAR khusus ini difokuskan terhadap permasalahan kedaruratan salah satunya angkutan lebaran.

Kepala Kantor Basarnas Tarakan Syahril, S.E menekankan beberapa poin penting yang harus dilaksanakan dalam siaga khusus lebaran ini. Di antaranya menempatkan alutsista di lokasi perairan maupun di pelabuhan penyeberangan.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya kondisi kedaruratan selama masa angkutan lebaran dan akan melaksanakan Siaga SAR Khusus yaitu menempatkan personel dan alut di lokasi-lokasi rawan,” katanya, Jumat (14/4/2023).

Pihaknya juga akan menyiagakan personel di lokasi yang dianggap rawan kecelakaan dan bencana. Tak hanya bergerak sendiri, Basarnas Tarakan juga berkoordinasi dengan unsur-unsur lainnya.

Seperti di tahun sebelumnya, siaga khusus lebaran ini akan berlangsung sejak 13 April hingga 3 Mei 2023.

“Kemudian memastikan kesiapan alut maupun peralatan pendukung. Melakukan update informasi cuaca dan mewaspadai daerah-daerah rawan bencana, tanah longsor dan angin kencang,” lanjut Syahril.

Dalam siaga SAR ini, pihaknya mengerahkan 80 orang personel dan penempatan 6 posko yang berada di Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan. Di antaranya di Pelabuhan Kapal Feri Juwata Laut, Bandara Juwata, Pelabuhan Tengkayu dan Pelabuhan Malundung, sedangkan di Pos SAR Nunukan sendiri menempatkan posko di Pelabuhan Tunon Taka dan Posko Pelabuhan PLBL Liem Hie Jung.

Sementara untuk alutsista pihaknya mengerahkan beberapa kapal dan kendaraan SAR.

“Ada KN SAR SETA 252, Rigid Inflatable Boat (RIB), Rigid Buoyancy Boat (RBB), mobil rescue carrier, mobil rescue compartement, truck personel, motor trail, dan peralatan SAR lainnya untuk mendukung pelaksanaan Siaga SAR Khusus Idul Fitri 1444 H,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *