Pengembangan Kegiatan Posyandu yang Terintegrasi dengan Layanan Sosial

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Nunukan berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya disektor strategis kesehatan, seperti yang dilakukan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga kali ini dengan menggelar rapat pembinaan Koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) posyandu secara berjenjang di Kabupaten Nunukan.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh sekretaris daerah Kabupaten Nunukan, Serfianus di Hotel Laura pada Selasa, 11 April 2023.

Dikatakan Serfianus, kegiatan rapat koordinasi Pokjanal kali ini upaya untuk membangun kesehatan masyarakat terutama kesehatan dasar untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

“Tujuannya ini untuk menginventarisasi posyandu dalam mengembangkan kegiatan posyandu yang terintegrasi dengan layanan sosial lainnya,” kata Serfianus.

Sehingga tercipta koordinasi fungsi posyandu oleh kelompok posyandu di desa melalui pembinaan berjenjang, sekaligus menyamakan persepsi antar OPD terkait dengan pokja posyandu dalam menyusun rencana kegiatan tahunan serta mencari sumber-sumber dana mendukung pokja posyandu.

Jika pelayanan posyandunya baik, maka pemenuhan kebutuhan dasar pengembangan anak akan baik pula, sebaliknya jika kinerja posyandu tidak baik maka status gizi anak dan perkembangan anak akan terganggu.

“Saya berharap semua pihak harus mendukung operasionalisasi posyandu, sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam peningkatan tumbuh kembang bayi dan balita, di mana nanti mereka menjadi tunas tunas bangsa yang berkualitas,” jelasnya.

Serfianus mengharapkan dalam mengimplementasikan tugas program masing-masing instansi agar dapat memberikan kontribusi yang dapat mendongkrak penilaian strategis posyandu. Mulai dari pembinaan kader, dan keterpaduan pelayanan infrastruktur penunjang dan sebagainya, sehingga setiap tahun ada pertambahan posyandu.

Melalui pertemuan tersebut Serfianus juga mengharapkan tim pokjanal posyandu Kabupaten Nunukan yang terdiri dari pimpinan serta pejabat pada OPD terkait dapat menyinergikan program dan kegiatan pada OPD masing-masing dalam mendukung tugas dan fungsi tim pokjanal posyandu dan membangun komitmen bersama.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *