Serpihan Perahu Empat Pemancing Sempat Ditemukan Warga di Perairan Bunyu

benuanta.co.id, TARAKAN – Memasuki hari keempat, Basarnas Tarakan menambah alutsista dalam pencarian empat pemancing yang dikabarkan tak kembali sejak Ahad, 3 April 2023 sekira pukul 20.00 WITA.

Tak hanya penambahan alut, pihaknya juga memperluas search area atau lokasi pencarian ke arah Timur dan Selatan hingga wilayah Tanah Kuning. Jika diukur dari wilayah daratan memiliki luasan sekitar 20 hingga 30 nautical mile.

“Kemudian yang di Last Know Position (LKP) sendiri, kita melakukan penyelaman menggunakan Aquaeye guna mendeteksi manusia di dalam air,” ucap Kepala Basarnas Tarakan Syahril, Jumat (7/4/2023).

Alutsista yang ditambah ialah KN SAR Seta 252 dengan panjang 40 meter dan satu unit Rigid Bouyancy Boat (RBB). Pada pencarian ini keluarga korban juga turut serta dalam operasi Search and Rescue (SAR).

Baca Juga :  Pemkot Beri Seminggu untuk Kosongkan THM bagi Tenant yang Tidak Menyewa

Sejauh ini Tim SAR Gabungan belum menemukan tanda-tanda ditemukannya identitas maupun barang milik korban. Namun, pada Kamis, 6 April 2023 serpihan perahu keempat pemancing sempat ditemukan warga di lokasi kejadian perairan Bunyu.

“Makanya tadi pagi personel langsung melakukan penyelaman menggunakan Aquaeye juga. Memang banyak serpihannya jadi diduga juga itu (serpihan perahu) milik korban,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Syahril kendala hingga saat ini ialah wilayah laut yang cukup luas sehingga pihaknya tak bisa memprediksi keberadaan korban di titik mana. Pihaknya juga tak bisa berandai-andai menyoal kondisi korban.

Baca Juga :  Seni Reog Ponorogo Margo Mulyo dan Jaranan Margo Budoyo Gelar Grebeg Suro Bulan Purnama

“Kita tidak mau berandai-andai. Apakah korban terapung. Ya kita berharapnya korban selamat,” tambahnya.

Berdasarkan analisa sementara, arus air dan angin pada hari ini mengarah ke wilayah Timur. Meski kondisi arus dapat berubah-ubah pihaknya pun memperluas search area hingga ke wilayah laut.

“KN SAR Seta dan RBB. KN SAR Seta itu ada 24 personel dan 5 personel di RBB,” tutupnya.

Pada Operasi SAR ini terdapat unsur lain yang terlibat selain Basarnas Tarakan, seperti Posal Bunyu, Koramil Bunyu, Ditpolairud Polda Kaltara, keluarga korban dan warga sekitar. (*)

Baca Juga :  Empat Anak dengan Kasus Penganiayaan Diberikan PMP

Data korban dalam pencarian:

1.Nama : Suherman

Umur : 29 thn/L

Alamat: Jalan Gunung Daeng Desa Bunyu Barat

2. Nama : Erwin

Umur : 45 thn/L

Alamat: Jalan Gunung Daeng Desa Bunyu Barat

3.Nama : Sukaltim

Umur : 38 thn/L

Alamat: Jalan Kristianto

4. Nama : Gusramin

Umur : 31 thn/L

Alamat: Tarakan

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2651 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *