Pemudik di Sulsel Diprediksi Melonjak Signifikan, Dua Kali Lipat dari 2022

benuanta.co.id, SULSEL – Pemudik di Sulawesi Selatan diprediksi mengalami peningkatan cukup signifikan pada libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Jumlahnya diperkirakan melonjak dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Data Dinas Perhubungan Sulsel menunjukkan, jumlah pemudik Idul Fitri pada 2022 sebesar 2,9 juta jiwa. Namun 2023 diprediksi pemudik meningkat menjadi 4,2 juta jiwa.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1563 votes

Staf Ahli Gubernur Sulsel, Jayadi Nas, mengatakan peningkatan jumlah pemudik ini karena sudah terjadi pelonggaran. Mengingat dibandingkan pada 2020 hingga 2022 pemerintah masih menerapkan PPKM yang membatasi aktivitas masyarakat akibat Pandemi Covid-19.

“Kemungkinan besar itu yang akan membuat banyak orang mudik,” kata Jayadi di kantor Gubernur, Selasa kemarin (4/4/2023).

Di lain sisi, prediksi peningkatan jumlah pemudik itu dipengaruhi perekonomian masyarakat mulai membaik pasca Covid-19.

Kemudian ini ditopang oleh kebijakan pemerintah pusat yang menetapkan masa cuti pekerja lebih awal yakni pada 19 April 2022. Maka sebagai upaya untuk mencegah penumpukan pemudik di waktu yang sama, Pemprov Sulsel mulai memetakan antisipasi peningkatan jumlah pemudik.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menyebutkan bahwa momentum mudik ini Pemprov memberikan
layanan mudik gratis seperti tahun lalu.

Di mana Pemprov menyediakan bus untuk
mengantar pemudik hingga ke daerah tujuan. Misalnya daerah yang terbilang jauh dari Kota Makassar.

“Kita subsidi kendaraannya, kita prioritaskan untuk pelajar mahasiswa yang mau balik, kita siapkan armada seperti tahun kemarin. Konsepnya sama,” ucap Sudirman melalui keterangannya.

Untuk memastikan mudik tahun ini berjalan aman, nyaman dan lancar, Sudirman menyebut dibarengi dengan pengerjaan sejumlah ruas jalan. Di mana pengerjaannya dianggap lebih baik dibandingkan tahun lalu.(*)

Penulis: Akbar

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *