Dua Hari Pencarian Pemancing yang Hilang di Perairan Bunyu Masih Nihil

benuanta.co.id, TARAKAN – Pencarian terhadap empat orang yang tak kembali usai pamit pergi memancing di perairan Pulau Bunyu kini memasuki hari kedua. Dalam pencarian hari kedua ini Tim Search and Rescue (SAR) Gabungan belum mendapati adanya tanda-tanda penemuan korban.

Pada hari kedua inipun pun pencarian dilakukan dengan memperluas lokasi penyisiran. Jika diukur dari daratan Tarakan ke perairan atau Last Know Position (LKP) pencarian telah berjarak sejauh 20 nautical mile.

“Kita menyisir dari Tarakan sampai Tanah Kuning kemudian kita naik kembali sampai ke Pulau Bunyu lagi. Sampai saat ini masih nihil,” ucap Kepala Basarnas Tarakan, Syahril saat dihubungi Benuanta, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga :  Ribuan Barang Bukti Kosmetik Ilegal Dimusnahkan Kejari Tarakan

Tak hanya memperluas lokasi penyisiran, pihaknya pun menambah alutsista yakni satu unit Rigid Inflatabel Boat (RIB) dan Rigid Bouyancy Boat (RBB) dengan masing-masing 5 personel di atas akut.

Selama pencarian hari pertama pihaknya belum menemui kendala yang siginifikan. Pencarian pun tetap beracuan pada standar pencarian pusat.

“Kita juga evaluasi untuk pencarian besok mau ke arah mana lagi,” lanjutnya.

Hingga saat ini pihaknya pun enggan menduga-duga terkait kejadian hilangnya empat pemancing ini. Meski tanda-tanda seperti perahu belum ditemukan, pihaknya tak dapat menyimpulkan menyoal tenggelamnya pemancing asal Bunyu tersebut.

“Yang pasti kita tidak menemukan objek-objek yang ada di lokasi. Jadi kalau seandainya tenggelam berarti objek yang kita dapat bisa merujuk ke diri korban seperti perahu atau barang-barang bawaan mereka. Tapi sampai saat ini objek itu belum bisa kita temukan,” terang Syahril.

Baca Juga :  Berikan PMT, Pemkot Target Stunting di Tarakan Tahun Ini Menurun

Menurutnya, jika kemungkinan terburuk terjadi seperti terbaliknya perahu dengan sangat tak mungkin manusia tenggelam hingga ke dasar laut.

“Kita perlebar lah wilayah pencarian. Habis dari Tanah Kuning ke arah Selatan lagi. Alut yang kita kerahkan juga berpencar sehingga akan bertemu di Pulau Bunyu. Kita plotting lah sudah kita sisir semua,” tutupnya.

Sekedar informasi, pada Minggu, 3 April 2023 lalu sekira pukul 20.00 WITA, empat orang pemancing asal Bunyu dikabarkan belum kembali. (*)

Baca Juga :  Ops Patuh Kayan Dimulai, 14 Jenis Pelanggaran Disorot

Data korban dalam pencarian:

1.Nama : Suherman

Umur : 29 thn/L

Alamat: Jalan Gunung Daeng Desa Bunyu Barat

Pekerjaan : Swasta

2. Nama : Erwin

Umur : 45 thn/L

Alamat: Jalan Gunung Daeng Desa Bunyu Barat

Pekerjaan : Swasta

3.Nama : Sukaltim

Umur : 38 thn/L

Alamat: Jalan Kristianto

Pekerjaan : Swasta

4. Nama : Gusramin

Umur : – thn/L

Alamat: –

Pekerjaan : –

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2592 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *