Modus Berteduh, BL Bobol Pintu Rumah dan Angkut 5 Hp Korban

benuanta.co.id, TARAKAN – Modus berteduh, pria berinisial BL (30) malah nekat membobol pintu rumah korbannya dan mengambil sejumlah smartphone. Bukannya dijual, handphone yang berjumlah 5 unit itu masih dalam penguasaan pelaku.

Pria dengan perawakan kepala plontos itu diketahui melakukan pencurian di empat Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda. Aksi kriminalnya ini dilakukannya sepanjang bulan Maret 2023.

Adapun TKP yang jadi sasaran pencuriannya yakni wilayah Jalan Yos Sudarso dengan 1 TKP dan Jalan Aki Balak tepatnya di Gang Salak, Gang Pastebar dan Gang Sesanip.

“Jadi dia sudah berulang kali melakukan pencurian,” ucap Kasat Reskrim Polres Tarakan, IPTU Khomaini melalui Kanit Resum, IPDA Muhamad Izzadin Abdillah, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga :  Sejumlah Petugas Lapas Diperiksa Bareskrim Polri, Buntut TPPU Hendra 32

Rerata BL sengaja melakukan tindak kriminalnya di waktu subuh saat hujan sembari menunggu korbannya tertidur.

Keempat korbanpun serentak melakukan pelaporan atas tindakan BL ke Satreskrim Polres Tarakan. Setelahnya, Unit Resmob melakukan penyelidikan dan didapatlah kediamannya di Jalan Aki Balak. Saat diamankan, pelaku bersikap kooperatif dan mengakui bahwa ia telah mencuri handphone.

“Kita amankan pada Kamis, 30 Maret 2023 sekitar pukul 00.40 WITA. Saat itu dia sedang beristirahat saja di rumah,” tambah Izzadin.

Baca Juga :  Diduga Singgung SARA, Polisi Dalami Pria Berjualan Obat

Rencananya kelima handphone tersebut memang hendak ia jual guna pemenuhan kebutuhan sehari-harinya. Pihak kepolisian pun saat ini tengah mendalami catatan kriminal BL mengingat aksi pencuriannya dilakukan berulangkali.

“Jadi dia ini tidak bekerja memang. Jadi ada satu handphone yang Oppo itu dia kasihkan ke temannya (saksi). Kita masih lakukan pendalaman soal saksi itu,” lanjut perwira balok satu itu.

Atas kejadian ini, BL disangkakan Pasal 363 Ayat 1 ketiga KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan. BL terancam mendekam di bui maksimal 7 tahun lamanya.(*)

Baca Juga :  Hakim Vonis Kurir Sabu 31 Kg Pidana Mati 

Barang bukti handphone yang masih dalam penguasaan kepolisian:
– 1 unit handphone merk Oppo A12 warna biru tua
– 1 Unit handphone Oppo A16 warna perak
– 1 unit handphone Xiaomi Redmi Note 10 warna putih
– 1 Unit handphone Realme C11 warna biru danau
– 1 unit I Phone

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *