Pentingnya Memantau Komposisi Tubuh dan Tekanan Darah Selama Puasa

Jakarta – Dokter spesialis gizi RS Pondok Indah Jakarta dr. Juwalita Surapsari Sp.GK mengatakan pemantauan komposisi tubuh dan tekanan darah penting dilakukan selama berpuasa untuk mewaspadai tanda bahaya yang memberatkan puasa.

“Waspada ketika puasa, jika sakit kepala berat, mual, muntah, dehidrasi berat, buang air kecil berwarna gelap sekali, dan berdebar-debar, kalau ada kecurigaan itu dibutuhkan pemantauan tekanan darah di rumah secara mandiri,” ucapnya dalam diskusi daring yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1947 votes

Pemantauan komposisi tubuh dan tekanan darah penting dilakukan pada kondisi tertentu dan pada seseorang yang berisiko berat jika menjalankan puasa seperti ibu hamil, penyandang diabetes, dan penyandang hipertensi yang baru mendapatkan obat atau penyesuaian obat.

Ia menjelaskan komposisi tubuh yang perlu dipantau adalah masa otot yang tidak boleh berkurang selama puasa.

“Tubuh kita akan terjadi metabolik switch kalau makannya sesuai, harusnya masa otot tidak akan mengalami penurunan ketika berpuasa asalkan pola makan benar selama sahur dan berbuka,” jelasnya.

Selama berpuasa, kata Juwalita, tubuh tidak akan mengambil protein dari otot untuk bertahan hingga waktu berbuka. Justru tubuh akan mengambil cadangan lemak yang akan menurunkan masa lemak dalam tubuh.

Dikatakannya melalui data penelitian, puasa selama satu bulan penuh dapat menurunkan masa lemak sebanyak 0,5 kg. Selain itu, puasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

“Cadangan tubuh harus terpenuhi agar bisa digunakan secara baik. Dengan makan yang benar dan nutrisi seimbang dapat menjaga masa otot tidak turun dan sistem imun terjaga,” kata dia.

Untuk memenuhi cadangan energi yang akan dipakai tubuh selama berpuasa, Juwalita memberikan tips agar nutrisi tetap terpenuhi. Ia mengatakan saat sahur usahakan mengonsumsi karbohidrat kompleks agar gula darah naik perlahan dan tidak cepat turun. Konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, susu dan yogurt juga bisa mencegah kita dari konstipasi atau sembelit.

Juwalita juga mengingatkan untuk selalu memenuhi cairan dengan mengonsumsi air mineral 8 gelas sehari yang dibagi saat sahur dan berbuka, dan tidak banyak mengonsumsi teh atau kopi karena bisa merangsang dehidrasi akibat sering buang air kecil.

“Sahur dan berbuka itu waktu yang krusial untuk mencukupi cairan. Sahur hindari makanan berlemak karena susah dikeluarkan dari tubuh, hindari minuman kafein teh atau kopi karena bisa merangsang buang air kecil banyak sehingga jadi dehidrasi, dan hindari makanan terlalu asin karena lebih menimbulkan rasa haus,” saran dokter lulusan Universitas Indonesia ini.

Ia mengatakan, selama berpuasa, penting juga untuk memperbaiki pola tidur paling sedikit empat jam sebelum sahur untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Dan usahakan tetap berolahraga di waktu tertentu seperti setelah berbuka.

Hindari olahraga dengan intensitas tinggi dengan heart rate di bawah 80 persen. Konsumsi makanan ringan saat berbuka dan beri jeda sekitar satu jam jika ingin berolahraga dengan intensitas lebih tinggi.

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *