Presiden Resmikan Jalur Kereta Api Pertama Sulsel Sepanjang 80 Kilometer

benuanta.co.id, Makassar – Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian jalur Kereta Api Lintas Makassar – Parepare antar Maros – Barru sepanjang 80 kilometer pada Rabu (29/3/2023). Presiden Jokowi juga sekaligus menjajal Kereta Api pertama di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang direncanakan terhubung hingga Sulawesi Utara (Sulut).

“Pada siang hari ini saya resmikan pengoperasian jalur Kereta Api Makassar Parepare antar Maros-Barru dan Depo Kereta Api Maros. Jalur Kereta Api Trans Sulawesi nantinya InsyaAllah akan sambung menyambung dari Makassar ke Sulawesi Utara di Manado,” kata Presiden  Jokowi dalam sambutannya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2051 votes

Lintas Kereta Api yang diresmikan siap beroperasi sepanjang 80 kilometer melintasi Stasiun Mandai Maros – Stasiun Garongkong Barru. Jokowi berharap operasional Kereta Api ini bisa dimaksimalkan.

“Ini kalau nanti betul-betul keretanya sudah banyak, ada untuk penumpang, ada wisata, ada untuk barang, akan memberikan daya saing,” ucapnya.

Dalam peresmian tersebut Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, hingga sejumlah kepala daerah di Sulsel.

Diketahui, proyek Kereta Api  Makassar-Parepare  direncanakan sepanjang 145 kilometer yang merupakan  Proyek Strategis Nasional  dimulai  2015 lalu bakal dilengkapi 16 stasiun. Namun sebagai tahap awal yang siap dioperasikan hanya sepanjang 80 km dari Stasiun Maros sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru, melintasi 9 stasiun. (*)

Reporter: Akbar

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *