39 Pejabat Administrator Pemprov Kaltara Ikuti Pelatihan Kepemimpinan

benuanta.co.id, Bulungan – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersebar di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan III yang nantinya dilaksanakan beberapa pekan ke depan.

Pembukaan PKA angkatan III inipun langsung dilaksanakan oleh Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang, yang dihadiri Wakil Gubernur Kaltara, Yansen TP, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Suriansyah, para asisten dan kepala OPD dilingkungan Pemprov Kaltara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1253 votes

“Ada 39 orang pejabat administrator yang ikut pelatihan kepemimpinan administrator untuk angkatan III di lingkungan Pemprov Kaltara tahun 2023,” ucap Gubernur Zainal pada Selasa, 28 Maret 2023.

Pelatihan kepemimpinan ini bertujuan agar setiap pejabat baik pejabat pimpinan tinggi, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional dan pelaksana yang berintegritas, berkompeten dan berdaya saing serta siap memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Targetkan Angka Kemiskinan Turun Setiap Tahun

Kata dia, peran pegawai ASN dalam proses pembangunan di Provinsi Kaltara sangat strategis dan sangat menentukan keberhasilan. Peran dalam pelaksanaan pembangunan tersebut juga sejalan dengan fungsi ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa.

“Untuk mendukung peningkatan peran dan pelaksaan fungsi ASN ini, perlu adanya pengembangan sumber daya manusia (SDM) ASN Provinsi Kaltara, yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya serta memacu ASN untuk dapat menghasilkan berbagai inovasi pelayanan publik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltara,” paparnya.

Lanjutnya, dalam pelatihan kepemimpinan administrator ini, diharapkan dapat membentuk sosok pemimpin yang mempunyai kompetensi manajerial yang dapat melaksanakan tugas menggerakkan dan meningkatkan kinerja organisasi dengan inovasi dalam pelayanan publik.

Baca Juga :  Gubernur Zainal Pastikan THR dan Gaji ke-13 ASN Cair Lebih Cepat

Pejabat administrator memegang peran penting dalam tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik dengan menerapkan strategi inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi.

“Pelatihan kepemimpinan juga merupakan upaya untuk mewujudkan aparatur sebagai pejabat pemerintah yang efektif, efisien, bersih dan berwibawa dalam melaksanakan seluruh tugas pemerintahan dan pembangunan,” tuturnya.

Mantan Wakapolda Kaltara ini pelatihan kepemimpinan juga bertujuan meningkatkan kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai abdi negara, dan abdi masyarakat yang merupakan suatu upaya untuk menjawab perkembangan global yang menuntut kompetensi tinggi disegala bidang pemerintahan.

“Sektor-sektor pelayanan publik di Pemprov Kaltara sangat membutuhkan inovasi agar pelayanan bisa lebih cepat, tepat, bermutu efisien dan efektif,” tuturnya.

Untuk itu, Zainal mengharapkan kepada seluruh pegawai ASN di lingkungan Pemprov Kaltara, khususnya kepada para pejabat administrator yang mengikuti pelatihan kepemimpinan ini, agar dapat terus mengasah kemampuan menganalisis isu strategis di lingkungan kerja. Kemudian selanjutnya dapat berpikir kritis terhadap masalah di pelayanan sehingga menghasilkan inovasi yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Atensi Gubernur Zainal, Usulan 1.403 Formasi P3K dan 65 CPNS Disetujui KemenPAN-RB 

Dia menjelaskan dengan diselenggarakannya pelatihan kepemimpinan ini diharapkan dapat melahirkan pemimpin-pemimpin pelayanan publik di unit kerja masing-masing. Di mana banyak pekerjaan rumah yang tengah menanti, terlebih dalam situasi pasca pandemi saat ini, diharapkan semuanya dapat berpacu menggerakkan seluruh sektor ekonomi guna segera pulih dari situasi kritis.

“Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti segenap rangkaian kegiatan pelatihan kepemimpinan ini dengan baik dan bersungguh-sungguh, sehingga setelah lulus dari pelatihan ini nantinya, akan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dengan melahirkan inovasi-inovasi di sektor pelayanan publik guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *