Mulai Wanti-Wanti Kenaikan Harga Bahan Pokok

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kenaikan harga pada sejumlah komoditi bahan pokok mulai dikhawatirkan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Bulungan. Pasalnya, meski mengalami kenaikan yang tidak signifikan, sejumlah bahan pangan seperti ayam terpantau mulai mengalami lonjakan harga.

Salah satu pelanggan di Pasar Induk Kabupaten Bulungan, Fitri mengatakan sebelum bulan ramadan harga daging ayam per-kilonya hanya sekisaran Rp38 dan Rp39 ribu. Namun sejak memasuki bulan ramadan di Pasar Induk Bulungan sudah mencapai Rp48 ribu per kg.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Kalau harga sebenarnya tidak masalah saja bagi kita, apalagi kita juga sedang butuh-butuhnya, tapi yang kita takutkan ialah jika harganya makin naik ketika mendekati hari lebaran,” kata Fitri pada Ahad, 26 Maret 2023.

Baca Juga :  DKUKMPP Nunukan Kembali Gelar Pasar Murah di Lima Lokasi

Mengantisipasi hal itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltara, Harsriyani mengatakan stabilitas harga sembako ini memang terus menjadi atensi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara. Sehingga pihaknya pun akan terus memastikan kalau ketersediaan Sembako di Kaltara akan tetap ada.

“Kita tetap terus memberi atensi terhadap stabilitas harga sembako di Kaltara. Saat ini kita sudah mulai melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya gelar pasar murah,” ujarnya lagi.

Baca Juga :  Pertamina: Stok dan Penyaluran BBM, LPG serta Avtur Aman di Kaltara 

“Sedangkan untuk dampak lainnya seperti adanya penimbunan sembako, kita tidak bisa mengatakan jauh kesana karena itu nanti akan menjadi rana aparat hukum,” bebernya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kapolresta Bulungan, Kombes Pol Agus Nugraha mengatakan khusus di Wilayah Bulungan pihaknya akan terus melakukan langkah antisipasi untuk mencegah kenaikan harga dan kelangkaan komoditas barang pokok dengan menggerakan Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polresta Bulungan.

Baca Juga :  Aktifkan Satgas RAFI, Pertamina Memastikan Layanan Energi Selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H di Kaltara Terpenuhi

“Kalau dari pantauan kita saat ini, kondisi sembako yang ada di Bulungan masih terpantau aman dan belum ditemukan adanya oknum penimbun. Apalagi sampai saat ini Tim Satgas Pangan kami terus memonitor perkembangan harga-harga di pasaran termasuk ketersediaan sembako di pedagang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *