Tiga Wilayah di Kabupaten Nunukan Masuk PKSN

benuanta.co.id, NUNUKAN – Sebanyak 18 Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) yang menjadi target di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

terdapat 18 PKSN yang menjadi target yaitu PKSN Sabang, PKSN Bengkalis, PKSN Ranai, PKSN Paloh-Aruk, PKSN Jagoi Babang, PKSN Long Nawang, PKSN Long Midang, PKSN Nunukan, PKSN Tou Lumbis, PKSN Tahuna, PKSN Melonguane, PKSN Daruba, PKSN Kefamenanu, PKSN Atambua, PKSN Saumlaki, PKSN Jayapura, PKSN Merauke, dan PKSN Tanah Merah.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1956 votes

Fungsional Madya bidang penataan ruang kawasan perbatasan BNPP, Haris Fadhly, mengatakan PKSN adalah kawasan perkotaan yang ditetapkan untuk mendorong pengembangan kawasan perbatasan. Secara umum, PKSN memiliki tiga fungsi, yaitu Pusat perkotaan yang berpotensi sebagai pos pemeriksaan lintas batas dan berfungsi sebagai pintu gerbang internasional yang menghubungkan dengan negara tetangga. Pusat perkotaan yang merupakan simpul utama transportasi yang menghubungkan wilayah sekitarnya. dan Pusat perkotaan yang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi yang dapat mendorong perkembangan kawasan di sekitarnya.

Baca Juga :  Pelabuhan Sei Jepun Dipadati Penumpang Berwisata ke Sebatik

Berdasarkan RPJMN Tahun 2020-2024 terdapat di 222 Kecamatan kawasan perbatasan negara, pada 54 Kabupaten, di 15 Provinsi, yang menjadi target pengelolaan kawasan sesuai isu strategis yang ada di masing-masing wilayah, baik terkait aspek sosial, ekonomi, dan budaya.

Haris Fadhly mengatakan, selain melakukan evaluasi atas pengelolaan pembangunan di kawasan perbatasan negara yang dilakukan oleh kementerian lembaga maupun Pemda.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan Berlayar, Dishub Nunukan Batasi Jam Penyebrangan

“Kita juga sudah menggunakan indeks untuk mengukur tingkat pengelolaan pembangunan di kawasan negara,” kata Fadhly, kepada benuanta.co.id, pada (20/3/2023).

Dia juga berharap Indeks Pengelolaan Kawasan Perbatasan (IPKP) bisa menjadi acuan bersama kementerian lembaga di pusat, untuk interpretasi program kegiatan di perbatasan negara.

Untuk Kabupaten Nunukan itu PKSN yang menjadi target di antaranya adalah di Long Midang, Nunukan dan Tou Lumbis.(*)

Baca Juga :  Libur Lebaran, SAE Lanuka Jadi Tempat Favorit Warga Nunukan 

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *