Hilal Tidak Terpantau di Bulungan, Kepala Kemenag Bulungan Ramli: Hilal di Atas 7 Derajat

benuanta.co.id, BULUNGAN – Penentuan awal 1 Ramadan sebagai dimulainya puasa, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bulungan melakukan pemantauan hilal atau anak bulan yang dilaksanakan bukit KNPI Tanjung Selor, yang diikuti oleh organisasi keagamaan dan pihak terkait lainnya

Kepala Kantor Kemenag Bulungan, Muhammad Ramli mengatakan paparan yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, ketinggian hilal di Kabupaten Bulungan hari ini berada di atas 7 derajat.

“Ketinggian hilal di atas 7 derajat, namun sebelum penetapan kita diamanatkan untuk Rukyatul Hilal selain hisab,” ucap Ramli kepada benuanta.co.id,

Kata dia, untuk hilal ini belum dapat terpantau secara kasat mata melalui teropong, lantaran terhalang oleh gunung dan awan yang tebal.

Baca Juga :  Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Guyur Bulungan

“Hilal disini tidak terlihat karena awannya tebal sekali,” bebernya.

Hanya saja sebagai syarat, karena ada 124 titik lokasi pengamatan hilal di seluruh Indonesia termasuk di Bulungan. Dia menjelaskan hasilnya inipun akan tetap dilaporkan kepada Kemenag RI melalui Kanwil Kemenag Kaltara sebagai dasar untuk penentuan 1 ramadan.

“Memang angkanya itu sudah masuk, 6 derajat itu di Papua dan 8 derajat itu di Sabang. Berdasarkan ini puasa akan dilaksanakan besok, namun demikian hasil pengamatan kita tetap laporkan,” sebutnya.

Baca Juga :  Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Guyur Bulungan

Sementara itu, Kepala BMKG Tanjung Harapan Abdul Haris Zulkarnain menyebutkan jika hilal terpantau diangka 7,48 derajat nantinya angka tersebut dilakukan sidang isbat sebagai awal puasa.

“Lokasi kita tidak representatif sehingga tidak terlihat disini, namun laporannya sudah 7,48 derajat hampir 8 derajat,” ujarnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *