Kemensos Telah Serahkan Data 21,3 Juta Penerima Bansos Pangan

Jakarta – Kementerian Sosial telah menyerahkan data 21.353.000 penerima bantuan sosial (bansos) yang telah tercatat di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) untuk menerima bansos pangan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini ditemui di Jakarta, Senin (20/3) malam mengatakan pihaknya telah menyerahkan data tersebut dua hari setelah datangnya permintaan.

Alasan Mensos Risma menyelesaikan permintaan data tersebut dalam dua hari, karena membutuhkan waktu untuk menunggu pemerintah daerah melakukan perbaikan data khusus untuk triwulan I.

Baca Juga :  Dirjen Imigrasi Deportasi 1.503 Orang Asing, Meningkat 135,21 Persen dari Tahun 2023

“Jadi surat itu, dua hari setelah masuk, saya langsung perbaiki surat itu selama dua hari untuk menyelesaikan itu. Sekarang sudah saya serahkan,” ujar Mensos Risma.

Setelah menyerahkan data, Mensos Risma menekankan proses penyaluran bansos pangan sudah tidak menjadi kewenangannya.

Sebelumnya, Pemerintah akan menyalurkan bansos pangan berupa bantuan besar, telur dan ayam yang akan diberikan selama tiga bulan jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023.

Baca Juga :  PPIH Minta Jamaah Lapor ke Puskesmas Terdekat Setiba di Tanah Air

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bansos tersebut diperlukan guna menekan inflasi yang dipicu kenaikan harga pangan menjelang hari besar keagamaan.

Adapun saat ini regulasi mengenai penyaluran bansos pangan tengah disusun oleh pemerintah.

Pemberian bansos diutamakan pada desa-desa yang mendapatkan PKH dan BPNT. Airlangga mengharapkan bansos pangan dapat segera diberikan kepada masyarakat pada Maret, April, dan Mei 2023.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Resmi Rilis Laporan Kinerja Tahun 2023, Ini Dia Prestasinya

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *