Bakal Adakan Pelatihan SDM Lokal Sebelum Ikuti Seleksi Penerimaan Anggota Polri

benuanta.co.id, Bulungan – Tahun 2024 mendatang Polresta Bulungan berencana melakukan MoU kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan, terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota Polri.

Menurut Kapolresta Bulungan, Kombes Agus Nugraga,.S.I.K, adanya MoU pengembangan SDM lokal yang ingin menjadi anggota Polri, sebenarnya sangat penting karena dapat memberikan pengalaman kepada para peserta sebelum mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri.

“Saya kan baru di sini (Bulungan) dan setahun saya tidak ada MoU seperti itu, padahal harusnnya Pemkab melalui Dispora dan Disdibuk bisa membuat MoU kepada kita di Polresta,” kata Kapolresta Bulungan, pada Sabtu 18 Maret 2023.

Baca Juga :  Satlantas Polresta Bulungan Soroti Aksi Balap Liar dan Knalpot Tidak Standar

MoU Pemkab bersama Polres dalam melakukan pengembangan SDM lokal sebenarnya sudah dilakukan dibeberapa daerah yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) seperti Kabupaten Malinau. Berkaca dari hal itu, Perwira yang pernah menjabat sebagai Kaporles Malinau ini, juga berharap agar Pemkab Bulungan bisa melakukan hal serupa.

“Pelatihan pra seleksi pendaftaran anggota Polri bisa saja dilakukan, seperti Malinau yang membuat MoU bersama Polres setempat dan hal ini terbukti positif,” bebernya lagi.

Baca Juga :  Barang Bukti Kendaraan akan Dilelang, Hasbudi Keberatan Sampai PK ke Mahkamah Agung

“Di mana kita memberikan peluang yang lebih besar terhadap SDM lokal kita untuk lolos seleksi, karena mereka sudah mendapatkan pengalaman dari latihan yang Porles berikan,” ujarnya.

Mengingat MoU seperti itu belum ada, Kapolresta Bulungan pun mengaku pihaknya tidak bisa melakukan pra pelatihan kepada para calon peserta seleksi penerimaan anggota Polri baru di tahun ini.

Baca Juga :  2 Rumah Warga di Bunyu Disatroni saat Tarawih

“Mau tidak mau peserta asal Bulungan harus mempersiapkan diri secara mandiri, karena kita belum bisa melakukan pra pelatihan seperti itu. Kecuali di tahun ini Pemkab Bulungan mau melakukan MoU, baru pra pelatihan bisa kita lakukan. Tapi dilakukannya pada seleksi penerimaan anggota Polri yang selanjutnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *