Bakal Adakan Pelatihan SDM Lokal Sebelum Ikuti Seleksi Penerimaan Anggota Polri

benuanta.co.id, Bulungan – Tahun 2024 mendatang Polresta Bulungan berencana melakukan MoU kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan, terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota Polri.

Menurut Kapolresta Bulungan, Kombes Agus Nugraga,.S.I.K, adanya MoU pengembangan SDM lokal yang ingin menjadi anggota Polri, sebenarnya sangat penting karena dapat memberikan pengalaman kepada para peserta sebelum mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1578 votes

“Saya kan baru di sini (Bulungan) dan setahun saya tidak ada MoU seperti itu, padahal harusnnya Pemkab melalui Dispora dan Disdibuk bisa membuat MoU kepada kita di Polresta,” kata Kapolresta Bulungan, pada Sabtu 18 Maret 2023.

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

MoU Pemkab bersama Polres dalam melakukan pengembangan SDM lokal sebenarnya sudah dilakukan dibeberapa daerah yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) seperti Kabupaten Malinau. Berkaca dari hal itu, Perwira yang pernah menjabat sebagai Kaporles Malinau ini, juga berharap agar Pemkab Bulungan bisa melakukan hal serupa.

“Pelatihan pra seleksi pendaftaran anggota Polri bisa saja dilakukan, seperti Malinau yang membuat MoU bersama Polres setempat dan hal ini terbukti positif,” bebernya lagi.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

“Di mana kita memberikan peluang yang lebih besar terhadap SDM lokal kita untuk lolos seleksi, karena mereka sudah mendapatkan pengalaman dari latihan yang Porles berikan,” ujarnya.

Mengingat MoU seperti itu belum ada, Kapolresta Bulungan pun mengaku pihaknya tidak bisa melakukan pra pelatihan kepada para calon peserta seleksi penerimaan anggota Polri baru di tahun ini.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

“Mau tidak mau peserta asal Bulungan harus mempersiapkan diri secara mandiri, karena kita belum bisa melakukan pra pelatihan seperti itu. Kecuali di tahun ini Pemkab Bulungan mau melakukan MoU, baru pra pelatihan bisa kita lakukan. Tapi dilakukannya pada seleksi penerimaan anggota Polri yang selanjutnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *