Bapilum Komitmen Mendukung Perkembangan Pengadilan di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Rentetan kunjungan kerja Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung (MA) Bambang Myanto melihat kondisi terkini perkembangan Pengadilan Negeri (PN) di beberapa kabupaten kota di Provinsi Kaltara, telah selesai Kamis (16/3/2023) siang kemarin.

Ia menjelaskan tujuan kunjungan kerjanya pertama kali di Kaltara yaitu memotivasi dan memberikan pembinaan staf jajaran Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi (PT).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1956 votes

“Bagaimana kondisi pengadilan-pengadilan di wilayah Kalimantan Utara. Karena kita ketahui bersama bahwa pengadilan tinggi Kalimantan Utara ini kan baru diresmikan tanggal 5 Desember 2022,” ucapnya Jumat (17/3/2023).

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

“Jadi kita ingin tahu secara pasti kendala-kendala apa yang dihadapi dan apa-apa yang bisa kita support. Agar penyelenggaraan peradilan bisa terselenggara dengan baik untuk melayani masyarakat,” tambahnya kepada benuanta.co.id

Lanjutnya, soal rencana kenaikan PN Tanjung Selor dari Tipe 1B ke 1A ke depan bisa terwujud ketika PN menjadi pengadilan di Ibukota Provinsi Kaltara sesuai standar keputusan pemerintah pusat.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

“Kita akan kaji analisa. Apakah pengadilan negeri Tanjung Selor bisa naik tipe ke Kelas I A. Namun yang utama akan kita lakukan adalah terkait pembentukan peradilan Tipikor dan juga PHI,” bebernya.

Pun demikian keadaan Pengadilan Tinggi saat ini sudah punya kepaniteraan adhock Tipikor yang akan dilantik pada pekan depan.

“Setelah dilantik secara prosedural hari itu juga sudah bekerja. Sementara diperbantukan di pengadilan tinggi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *