Dikeluhkan Warga, Dishub Tarakan Akui Ada PJU Rusak Termakan Usia

benuanta.co.id, TARAKAN – Masih adanya sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) tidak berfungsi dengan baik di beberapa ruas jalan di Kota Tarakan pada malam hari dikeluhkan masyarakat. Minimnya penerangan ini bisa memicu kecelakaan lalu lintas hingga hal lainnya yang dapat merugikan pengguna jalan.

Muhammad Azman salah satu pengguna Jalan Kusuma Bangsa mengatakan, kondisi PJU yang mati membuat warga yang melintas harus lebih berhati-hati. Ia berharap masalah ini dapat segera dibenahi oleh pemerintah.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Semoga dibenahi lah, soalnya rawan sekali kalau jalanan gelap untuk pengendara dan pejalan kaki yang menyeberang,” ujar Azman.

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

Menanggapi persoalan ini, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kota Tarakan Ahmady Burhan, S. STP., M.H menegaskan PJU yang tidak berfungsi dikarenakan PJU tersebut sudah termakan usia. Di beberapa titik yang tersebar di Kota Tarakan, ada PJU yang berusia sekitar 20 tahun. Kendati demikian, pihaknya juga telah melakukan perawatan secara berkala.

“Semuanya akan tetap kita lakukan perawatan secara berkala, namun Kendalanya kami belum memiliki kendaraan Skylift untuk perbaikan di jalan utama,” ucap Ahmady Burhan, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

Selain itu Ahmad Burhan juga menjelaskan penggunaan kendaraan Skylift sangat dibutuhkan untuk menjangkau ketinggian PJU yang tidak berfungsi. Pihaknya telah meminjam kendaraan Skylift ke dinas lainnya, namun terkadang kendaraan tersebut sedang digunakan atau sedang dalam kondisi perbaikan.

“Yang jelas kami akan mencari beberapa solusi untuk perbaikan dan perawatan ini, sehingga kegiatan perawatan ini dapat berjalan dengan semestinya,” ungkapnya.

Selain itu Dishub Tarakan berencana menambah PJU tenaga Surya agar tidak terlalu membebani APBD, sesuai dengan arahan Wali Kota Tarakan.

Baca Juga :  Basarnas Siagakan Alutsista Jelang Cuti Lebaran

“Untuk penambahan PJU lebih diutamakan untuk penambahan titik yang menggunakan tenaga surya. Harapanya PJU tersebut tidak terlalu membebani APBD nantinya,” tuturnya.

Berkaitan dengan anggaran yang digunakan dalam perbaikan PJU nanti akan diusulkan secara bertahap, dan menjadi prioritas utama Pemerintah Kota Tarakan.

“PJU ini akan menjadi prioritas kepala daerah memang harus kita dukung bersama pelaksanaanya, untuk titik penambahan akan kami konfirmasi lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Reporter: Hendra Rivaldo

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Sebenarnya ga hanya PJU saja yg harus diperbaiki dan diperbanyak, tapi juga jalan utamanya. Khususnya dari jalan Aki Balak sampai Juata