Digelar Tiga Hari, Kapolda Kaltara Buka Rakernis Fungsi Teknis Binmas

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) yang memiliki fungsi sebagai pembinaan masyarakat yaitu meliputi kegiatan ketertiban sosial, dan pengawasannya pembinaan terhadap bentuk pengamanan swakarsa, serta kegiatan kerja sama dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya turut hadir membuka secara resmi acara rapat kerja teknis (Rakernis) fungsi teknis binmas di Hotel Pangeran khar, Tanjung Selor pada Rabu, 8 Maret 2023.

“Rakernis fungsi teknis binmas tahun 2023 yang akan dilaksanakan selama 3 hari dari 8 sampai 11 Maret dengan tema sinergitas dan integralitas fungsi pembinaan masyarakat yang professional, dan berintegritas untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dalam menyukseskan pemilu 2024 dan program pembangunan nasional,” ucapnya.

Baca Juga :  Wakapolda Kaltara Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gelombang II

Dijelaskannya tujuan fungsi Rakernis tahun ini adalah guna membahas masalah teknis terkait tugas yang akan dihadapi di tahun 2023.

“Sekaligus mempersiapkan kekuatan dalam menghadapi dinamika nasional pemilu 2024 dan program pembangunan nasional serta upaya melanjutkan pembangunan dalam rangka pemulihan ekonomi yang masih menjadi fokus utama pemerintah Indonesia,” bebernya.

Daniel juga mengatakan dalam hal ini Polri khususnya Binmas memiliki tanggung jawab agar pelaksanaan agenda tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Melalui Rakernis fungsi teknis binmas ini diharapkan dapat menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para pengemban fungsi Binmas dalam mewujudkan profesionalitas, dan soliditas serta sinergitas guna mengawal tahapan pemilu serta program pembangunan nasional,” ujarnya.

Baca Juga :  Wakapolda Kaltara Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gelombang II

Saat ini tugas peran Binmas dalam menjaga Kamtibmas melalui kegiatan pre-emtif yang bersinggungan dengan masyarakat.

“Alam sekitarnya merupakan perintah tugas dari tuhan yang maha esa. Maka dari itu para pengemban fungsi binmas dituntut agar memahami dan mampu mengemban tugas dengan baik, dan benar sehingga tercipta Polri yang presisi,” ujarnya.

Sebab menurutnya presisi bukanlah sembarang slogan namun merupakan misi yang harus diwujudkan dengan bekerja keras.

“Berpikir cerdas sehingga dapat membangun simpati dan persepsi positif masyarakat terhadap Polri,” tuturnya.

Baca Juga :  Wakapolda Kaltara Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gelombang II

Kendati demikian, perwira tinggi Polri tersebut juga turut mengapresiasi pada kesempatan itu bisa hadir Rakernis Polda Kaltara supaya dapat berjalan lancar.

“Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas segala upaya kerja keras yang telah dilakukan oleh fungsi Binmas dalam membantu, dan berkontribusi melaksanakan tugas pokok pembinaan masyarakat di wilayah Polda Kaltara bisa aman juga kondusif,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2687 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *