Penyesuaian RIPPDA Maksimalkan Pengembangan Objek Wisata Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kuatkan potensi pengembangan destinasi wisata lokal, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berencana melakukan revisi terhadap Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPPDA).

RIPPDA Kaltara sendiri sebenarnya sudah ada sejak Provinsi Kaltara ditetapkan sebagai Provinsi baru oleh Pemerintah Pusat. Namun karena dianggap kurang maksimal, dalam hal ini Pemprov Kaltara melalui Dinas Pariwisata pun berencana ingin membuat revisi terhadap RIPPDA.

“Lebih tepatnya penyesuaian dengan rencana pembangunan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu RIPPDA ini juga harus disesuaikan dengan perencanaan induk pembangunan kita,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kaltara, Njau Anau pada Senin, 6 Maret 2023.

Baca Juga :  Dispar Dorong Pemda Ikut Mengembangkan Pariwisata Situs Sejarah dan Budaya

Adanya revisi penyesuaian pada RIPPDA ini juga dijelaskan oleh Njau Anau perlu dilakukan, mengingat RIPPDA ini merupakan pondasi dari pemerintah daerah dan OPD dalam membangun atau membenahi destinasi wisata yang ada di Kaltara.

“Patokan kita di OPD Pariwisata dalam mengembangan atau membangun objek wisata itu dasarnya ialah RIPPDA ini, karena apa yang kita lakukan terhadap objek wisata harus sesuai dengan RIPPDA ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

“Sehingga sebelum membangun atau mengelolah objek wisata, kita harus buat penyesuaian terhadap RIPPDA-nya, tergantung dari kebijakan pemerintah,” tambahnya.

Sebelum melakukan revisi pada RIPPDA ini, Njau Anau mengungkapkan pihaknya akan berkornidasi dulu kepada Pemprov Kaltara dan OPD kabupaten/kota. Termasuk membahas mengenai arah pembangunan objek wisata selama beberapa tahun ke depan.

“Intinya pengembangan objek wisata inikan harus mengikuti zaman dan harus jelas tujuannya agar selalu menarik perhatian wisatawan. Sehingga kita juga harus paham rumus pengembangan objek wisata ini agar tidak terlihat ketinggalan jaman,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Dispar Dorong Pemda Ikut Mengembangkan Pariwisata Situs Sejarah dan Budaya

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2689 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *