BMKG: Rossby Ekuator Faktor Hujan di Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan mengeluarkan prediksi cuaca pada tiga hari ke depan di wilayah Kaltara. Terpantau dua hari belakangan kondisi cuaca di wilayah Kaltara masih didominasi oleh hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Forecaster BMKG Tarakan, Ida Bagus Gede Yamuna menguraikan pada Senin, 6 Maret 2023 cuaca diprediksi masih hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Nunukan. Sementara untuk wilayah lain cerah berawan hingga berawan.

Masuk pada malam hari ini diprediksi terjadi hujan petir di Kabupaten Malinau. Sedangkan di wilayah Kabupaten Tana Tidung diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Sementara untuk wilayah lain di Kaltara diprediksi berawan hingga hujan ringan. Masuk pada dini hari secara merata di Kaltara diprediksi hujan ringan,” urainya kepada Benuanta, Senin (6/3/2023).

Baca Juga :  Sukses Bentuk DRPPA di Kaltara, DPPPA Raih Penilaian Sempurna dari Kementrian

Ia melanjutkan untuk prediksi cuaca Selasa, 7 Maret 2023 diprediksi pada pagi hingga siang hari terpantau cerah berawan hingga berawan di seluruh wilayah Kaltara. Lanjut pada sore hingga malam hari diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan dan KTT. Sementara wilayah lain diprediksi berkabut.

“Kalau wilayah lainnya berkabut. Untuk dini hari berkabut masih berlangsung di Nunukan, Malinau, KTT dan Bulungan. Kalau Tarakan diprediksi cerah berawan hingga berawan,” lanjutnya.

Memasuki Rabu, 8 Maret 2023 prediksi cuaca cerah berawan hingga berawan terjadi di sebagian besar wilayah Kaltara dari pagi hingga malam hari. Namun, terdapat prediksi hujan ringan hingga sedang di Malinau, Nunukan dan Tana Tidung.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

Bagus mengatakan untuk dominasi hujan di wilayah Kaltara disebabkan oleh faktor global dan lokal. Di mana faktor global dipengaruhi oleh gelombang ekuator atau rossby ekuator yang menyebabkan wilayah akan mengalami pertumbuhan awan hujan.

“Maka dari itu di sini dari kemarin hingga hari ini gelombang rossby ekuator ini menyebabkan hujan yang cukup merata di Kaltara. Faktor lokal juga sangat kuat apalagi angin yang berhembus dari arah Barat seperti Krayan dan sekitarnya,” beber Bagus.

Baca Juga :  Terumbu Karang di Kaltara Dinilai Potensial

Sementara untuk kecepatan angin sendiri diprediksi 5-15 knots. Untuk tinggi gelombang masih dalam kategori rendah sehingga cukup aman untuk pelayaran.

Ia juga mengimbau untuk nelayan agar lebih memperhatikan kondisi cuaca yang ada diperairan mengingat awan hujan yang berkerumun di wilayah Tarakan.

“Jadi perlu bagi teman-teman nelayan untuk selalu memperhatikan dan update informasi cuaca dari kami juga,” tandasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2635 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *