Klaim Hidup Sederhana, Tengok Kekayaan Wali Kota Makassar yang Mencapai Ratusan Miliar 

Makassar, benuanta.co.id – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengingatkan seluruh jajarannya tidak bergaya hidup hedonis. Hal itu sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo.

Bahkan Danny Pomanto mengaku selalu memberi contoh kepada jajarannya bagaimana menerapkan gaya hidup yang sederhana dan tak berlebihan.

“Kalau saya memang dari awal memberi contoh bahwa jangan hedon. Contohnya rumahku ini tidak ada yang berubah, tidak ada mobil baruku, harus tawaddu,” kata Danny Pomanto kepada awak media dikutip, Ahad, (5/3/2023).

Menurut dia, gaya hidup memamerkan kekayaan itu menjadi pertanyaan bahwa dari mana mendapatkan uang jika jabatan ASN lingkup Pemkot Makassar. Bahkan gaji sebagai wali kota saja tidak setara untuk perilaku hedonisme.

“Di Pemkot saya kira tidak ada gaya hedon-hedon itu. Sudah juga disampaikan memang. Kalangan ASN kan gajinya diketahui,” tekannya.

Sebagaimana diketahui, instruksi tersebut sebagai tindak lanjut pasca kejadian viralnya aksi pamer harta kekayaan oleh anak pejabat. Bahkan ini mendapatkan perhatian serius dari Presiden Joko Widodo.

Meski mengaku hidup sederhana, Danny nyatanya memiliki harta berlimpah. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diumumkan di laman Komisi Pemberantasan Korupsi, total hartanya pencapai Rp204.578.714.749.

Harta Danny Pomanto yang dilaporkan pada 25 Mei 2021, sebagian besar berupa tanah dan bangunan. Setidaknya ada 44 tanah dan bangunan yang dilaporkan, dengan nilai Rp160 miliar lebih.

Tanah yang dilaporkan sebagai harta Danny Pomanto tersebar di sejumlah wilayah, antara lain Makassar, Maros, dan Gorontalo. Sebagian besar sebagai harta hasil sendiri, dan warisan. Tanah paling luas tercatat 40 ribu meter persegi di Kota Makassar, dengan nilai Rp24,56 miliar.

Pada kategori alat transportasi dan mesin, Danny Pomanto melaporkan punya sepuluh kendaraan dengan nilai total Rp3,5 miliar lebih. Enam di antaranya merupakan mobil, dari merk Hyundai hingga Toyota. Mobil termahal adalah Toyota Vellfire tahun 2012 senilai Rp850 juta.

Harta Danny Pomanto juga terdiri dari harta bergerak dengan nilai Rp33 miliar lebih. Lalu ada kas dan setara kas senilai Rp14 miliar. Sedangkan hutang yang dilaporkan senilai Rp6 miliar lebih.

Jika dibandingkan dengan masa awal menjabat Wali Kota Makassar, harta Danny Pomanto naik sekitar Rp128 miliar. Menurut LHKPN yang dia laporkan pada 8 Agustus 2014, hartanya tercatat senilai Rp76 milar lebih, yakni Rp76.290.898.100.

Pada 2014, harta tanah dan bangunan Danny Pomanto tercatat Rp29 miliar lebih, yang terdiri dari 38 item. Sedangkan harta berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp3,9 miliar. (*)

Reporter: Akbar

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2690 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *