Toprak dan Locatelli Amankan Posisi Teratas Superpole WSBK Mandalika

Lombok Tengah – Tim balap Pata Yamaha melalui dua pebalap andalannya, Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli, mengamankan dua posisi teratas dalam Tissot Superpole World Superbike (WSBK) 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Sabtu.

“Saya sangat senang karena mampu menguasai trek dan (meraih posisi) teratas, mengingat ini adalah penampilan yang penting,” kata Toprak saat diwawancara usai podium Superpole.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

Toprak mencatatkan waktu 1’32.037, sedangkan rekan satu timnya hanya terpaut +0.069 detik saja dari sang pebalap Turki.

Baca Juga :  Ragnar Sebut Kemenangan 3-0 lawan Vietnam Berkat Kerja Keras Tim

Penampilan memukau dari Toprak seakan menjadi sebuah keharusan saat berada di Mandalika, mengingat ia tak pernah absen dari podium sejak kali pertama balapan di sirkuit yang terletak di Lombok Tengah tersebut digelar.

Selain itu, pencapaian tim Yamaha tersebut merupakan yang pertama kali terjadi di WSBK sejak 2010, saat Cal Cruthlow dan James Toseland beradu kecepatan dan berakhir menduduki posisi puncak dan runner up di WSBK Kyalami, Afrika Selatan.

Di sisi lain, Locatelli mengatakan hal yang membuatnya dan sang rekan dapat menjadi yang teratas kali ini, yaitu dipengaruhi oleh kemajuan dari pengembangan teknis motor yang telah dievaluasi pada sesi latihan bebas atau free practice (FP) pada Jumat (3/3) dan pagi tadi.

Baca Juga :  Jay, Ragnar, dan Sananta Bawa Indonesia Berpesta 3-0 Lawan Vietnam

“Kami tampil bagus. Impresi berkendara kami pun sangat baik. Kita akan lihat bagaimana (progres) kami nanti (di Race 1),” ujar Locatelli.

Sementara itu, Juara WSBK 2022 Alvaro Bautista (Aruba.It Ducati) harus puas berada di posisi ketiga dari Superpole dengan selisih waktu tipis +0.165 detik dari Toprak. Ini merupakan pencapaian Superpole terbaik Bautista di Mandalika.

Pebalap Spanyol itu harus mengerahkan kemampuan terbaiknya. Ia juga harus berkejar-kejaran dengan rekan sekaligus pesaing terkuatnya musim ini, Michael Ruben Rinaldi yang hanya terpaut 0.34 detik saja darinya.

Baca Juga :  Vietnam dan Phillipe Troussier Sepakat Akhiri Kerja Sama

Jonathan Rea (Kawasaki Racing) pun bangkit dari keterpurukannya di sesi FP 3 pagi tadi untuk meraih P5 dengan margin +0.513 detik di Superpole. Di belakangnya ada Loris Baz (Bonovo Action BMW) dengan selisih waktu +0.601 detik dari Toprak.

Di sisi lain, hari kedua dari penyelenggaraan WSBK Mandalika akan ditutup dengan Race 1 WSBK yang dimulai pukul 13.30 WITA.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *