Dari 17 Balon DPD, KPU Nyatakan 8 Balon BMS dan Segera Lakukan Perbaikan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Setelah proses verifikasi faktual selesai dilaksanakan selama 21 hari sejak 6 hingga 26 Februari 2023 lalu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) selanjutnya melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil persyaratan dukungan minimal pemilih tahap kesatu bakal calon anggota DPD Provinsi Kaltara dalam Pemilu tahun 2024.

Rapat pleno tersebut, KPU menghadirkan para bakal calon (Balon) ataupun LO dan admin atau operator silon masing-masing balon.

Ketua KPU Provinsi Kaltara, Suryanata Al-Islami mengatakan rekapitulasi hasil verfak ini sebelumnya dilakukan oleh KPU kabupaten kota, setelah itu dilanjutkan pada tingkat provinsi.

Baca Juga :  Logistik PSU Dapil Tarakan Tengah Sudah Mulai Didistribusikan 

“Kami sudah melaksanakan proses rekap, dimana seluruh bakal calon melalui LO-nya bisa hadir. Di mana mereka kami masukan agar terus melakukan perbaikan, mudah-mudahan dapat dimaksimalkan,” ucap Suryanata Al-Islami kepada benuanta.co.id, Kamis 2 Maret 2023.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Kaltara, Teguh Dwi Subagyo menyebutkan dari 17 balon DPD, ada 8 orang yang dinyatakan masih belum memenuhi syarat (BMS).

Baca Juga :  KPU Kaltara dan KPU Tarakan Sosialisasi Tahapan Pilkada dan PSU 

“8 orang yang BMS ini diantaranya Abdul Djalil Fatah, Aji Muhammad Ari wijaya, Datu Buyung Perkasa, Herman, Muhammad Fajri Alfa Robi, Muklis, Siswantara dan Syamsuddin,” sebutnya.

Sementara sisanya ada 9 memenuhi syarat (MS) yaitu Fernando Sinaga, Hasan Basri, Hendris Damus, Ismunandar Azis, Jhonny Laing Impang, Larasati Moriska, Marthin Billa, Muhammad Syawal dan Sri Sulartiningsih.

“Tadi kita temukan dari sampel yang di verfak, seluruh sampelnya MS dari balon Larasati Moriska. Ini karena selalu melakukan koordinasi dan dari awal mereka inventarisir betul pendukungnya dan verifikasi yang dilakukan riil,” sambungnya.

Baca Juga :  Bawaslu Tarakan Belum Terima Laporan Pelanggaran PSU

Dirinya pun meminta kepada 8 balon agar mencontoh langkah yang dilakukan oleh balon Larasati Moriska.

“Mereka punya kesempatan perbaikan mulai 2 sampai 11 Maret 2023,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2563 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *